VST Freeware Gendang Bebano untuk Mac dan Windows

VST Gendang Bebano Riau by ArtSonica
AlterEgo Daisy, Virtual Vocalist Freeware
Butuh VST Piano Gratis ? City Piano VS Iowa Piano VS Skerratt London Piano





Gak tau apa Bebano itu ? Mungkin kalau Rebana tau ya ?

Bebano adalah instrumen musik perkusi berbentuk bundar. Berasal dari Riau dan daerah sekitarnya, Bebano biasanya dimainkan saat ada pernikahan atau acara keagamaan serta acara adat. Bebano hampir sama dengan Rebana, bedanya Rebana lebih pipih daripada Bebano.

Gendang Bebano dari Riau
Gendang Bebano, instrumen musik perkusi asal Riau (Sumber gambar : http://www.riaudailyphoto.com/2011/03/gambus-melayu-riau.html)

Selain bentuknya yang unik, Bebano bunyinya juga unik. Dengan ketangkasan pemainnya, suara yang dihasilkan oleh instrumen musik ini sangat kaya warna !

Itulah sebabnya saya, tergerak membuat versi VST dari instrumen musik ini. Tujuannya bukan menghapus pemain aslinya tetapi justru sebaliknya, memperkenalkan instrumen Indonesia ke kalangan muda dengan cara yang mereka paham yaitu musik digital !

Sebelumnya, saya sudah membuat beberapa soundbank instrumen tradisi Indonesia yang bisa di download gratis (format VST Kontakt) seperti Angklung, Gamelan Jawa dan Kendang Sunda. Nah untuk yang satu ini, saya tidak menggunakan format soundbank Kontakt tetapi membuatnya dalam format VST & AU (Audio Unit), baik untuk Windows maupun Mac !




Berikut ini link downloadnya :

Silakan share link download di atas ! Semakin banyak yang menggunakan, semakin keren musik Indonesia 😀

 

Sedikit info tentang VST Gendang Bebano ini :

  • Resolusi sample : 48kHz dan 24bit !
  • Menggunakan sampling dengan teknik velocity switch sehingga bunyi yang keluar berberbeda sesuai velocity data MIDInya.
  • Range not yang berbunyi adalah antara C1 s/d C3 !
  • Tersedia fitur Reverb di sudut kanan bawah dari GUI VST ini !
  • VST ini masih belum sempurna karena masih percobaan membuat VST…jadi harap maklum !

Cara menggunakannya sangat mudah yaitu :

  • Untuk pengguna Windows….Download VST versi 32 atau 64bit sesuai dengan Windows mu lalu copy paste file zip ke folder Plugin VST dari DAW Anda ( Contoh : C:\Program Files (x86)\Steinberg\Vstplugins\ ) lalu unzip file tsb lalu jalankan DAWmu !
  • Untuk pengguna Mac…copy paste file .vst atau .component ke folder plugin DAW Anda ( Contoh : fodler Library > Audio > Plug-Ins > VST atau Components )

Yang sudah membuat musik dengan VST ini, silakan tag saya di FB Agus Hardiman ArtSonica atau pada Instagram @agushardiman dengan link soundcloud atau link sosial media lainnya !

Musikmu akan saya masukkan ke dalam kompilasi Gendang Bebano di soundcloud ini https://soundcloud.com/agushardiman/sets/kompilasi-vst-gendang-bebano ! Jangan lupa juga mencantumkan sumber VSTnya yaitu dari blog ArtSonica !

Berikut ini lagu yang menggunakan VST Bebano ini :

Oh ya, sampling dan recording dilakukan oleh Aprido Islam Perdana dari Pekanbaru (Thanks !). Sedangkan editing data dan programming soundnya saya selesaikan dalam waktu singkat (beberapa jam saja) !

Apabila ada yang ingin dibuatkan VST, sepanjang itu adalah instrumen musik tradisi Indonesia dan mau mengikuti arahan saya tentang cara sampling yang baik, silakan kontak juga !

Enjoy !




AlterEgo Daisy, Virtual Vocalist Freeware
Butuh VST Piano Gratis ? City Piano VS Iowa Piano VS Skerratt London Piano

7 comments on “VST Freeware Gendang Bebano untuk Mac dan Windows

    1. Sayangnya kesibukan saya tidak memungkinkan membuat versi SFZ (dan juga yang minta selama bertahun-tahun baru kamu saja). Nanti kalau banyak banget yang minta, saya pertimbangkan. Maaf sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.