AlterEgo Daisy, Virtual Vocalist Freeware

InTone 2 Solo, Software Sequencer Gratis untuk Live Show
VST Freeware Gendang Bebano untuk Mac dan Windows

Butuh vokalis virtual ?

Bisa nyanyi sendiri berdasarkan kata-kata yang kita ketik dan kita mainkan nadanya via MIDI ? Cek AlterEgo DAISY yang GRATIS ini !

Walaupun saat ini baru tersedia pilihan dalam bahasa Inggris dan Jepang saja, AlterEgo Daisy cukup menarik untuk di explore karena fiturnya yang lumayan lengkap !

Diawali oleh Yamaha dengan Vocaloid-nya yang merupakan pelopor software vokalis virtual pada tahun 2004, teknologi semacam ini semakin berkembang menjadi semakin realistis.

Contohnya Vocaloid Avanna yang dirilis pada tahun 2012 ini :

Gara-gara Avanna ini, saya yang sebelumnya tidak pernah tertarik membeli software Vocaloid karena karakternya yang seperti robot dan softwarenya hanya ada versi Windows, akhirnya memutuskan beli 😀 Waktu itu harganya $99 !


Menarik sekali mendengar teknologi ini semakin realistis. Walaupun begitu, teknologi ini (seperti teknologi sampling instrumen musik) tentu saja tidak akan 100% menggantikan vokalis asli, ini hanya menjadi salah satu sarana berekspresi saja !

Sedemikian populernya Vocaloid, sampai ada komunitas Vocaloid Indonesia yaitu www.vocapost.net dimana semua karya musik membernya menggunakan vocaloid. Atau coba googling ‘vocaloid indonesia’, akan ketemu banyak komunitas vocaloid !

Nah, sebenarnya teknologi voice synthesis ini sudah dimulai sejak tahun 1975 yaitu saat TSI Speech Synthesizer dilahirkan. Teknologi ini lebih banyak digunakan dalam video game versi awal (ingat dingdong ?) :

Plogue, developer software yang juga aktif riset dan sudah mengeluarkan produk berbayar ChipSpeech yang mengkreasikan kembali voice synthesis chip tahun 1980, membuat versi modern yang serupa dengan Vocaloid yaitu software AlterEgo.

Logo AlterEgo
AlterEgo, versi modern dari ChipSpeech

Voice bank pertama yang tersedia yaitu Daisy, disediakan gratis !

Di masa datang, mereka akan menambahkan voice bank lainnya, yang kemungkinan berbayar, mungkin juga tidak 😀 di http://www.plogue.com/products/alterego-voice-banks/ (pastikan Anda mengecek link ini nanti utk updatenya).

Link Download AlterEgo Daisy :
https://www.plogue.com/downloads#Alter/Ego
(Freeware untuk Mac OSX & Windows,
format VST, AU, RTAS & AAX)


Cara instalasinya :

  1. Pastikan Anda mendownload file installer AlterEgo sesuai operating system komputer Anda dan juga mendownload ‘Daisy Voice Bank’ :
    Download AlterEgo
  2. Unzip file Daisy_v1.zip ke folder pada hardisk Anda (bebas).
  3. Jalankan DAW Anda dan loading AlterEgo (bukan sebagai virtual FX tetapi sebagai virtual instrument).
  4. Drag file Daisy.bank.xml ke plugin AlterEgo agar voice bank Daisy bisa aktif pada AlterEgo :
    Drag voice bank Daisy ke plugin AlterEgo
  5. Voice bank Daisy siap digunakan !

Bagaimana cara menggunakan AlterEgo Daisy ini bisa dilihat video tutorial yang saya buat ini. Oh ya, ada teaser lagu ‘Somewhere Over The Rainbow’ di bagian akhir video 😉 :

Semoga bermanfaat !

InTone 2 Solo, Software Sequencer Gratis untuk Live Show
VST Freeware Gendang Bebano untuk Mac dan Windows

8 comments on “AlterEgo Daisy, Virtual Vocalist Freeware

  1. ini bisa dipake untuk fruity loops gk ?
    saya agak awam soal beginian. apakah web ini ada membahas tentang FL.
    maupun membahas istilah2 lain seperti plug-in, voice-bank, VSt, dll. ??

    1. Halo RzSpace,
      Tentu saja ini bisa digunakan pada FL Studio karena FL mendukung format plugin VST.

      Arti istilah2nya :
      – Plugin adalah software tambahan yang apabila di install akan muncul di software DAW seperti FL Studio. Plugin yg di install biasanya menambah fitur atau fungsi dari software utamanya (dalam contoh ini menambah fitur dari FL Studionya). Sebagai contoh, plugin yg dibahas di artikel ini menambahkan fitur bikin vokal virtual di FL Studio.
      – VST itu adalah salah satu format plugin. FL Studio contohnya mendukung format VST. Contoh VST ya spt yg dibahas di artikel ini yaitu AlterEgo.
      – Voicebank itu istilah khusus yg jarang dipake…maksudnya suara cewe yg ada di AlterEgo ini. Nantinya akan ada Voicebank lainnya, mungkin ada yg cowo juga atau suara cowo / cewe dgn karakter lain.

      RzSpace coba search di youtube utk tutorial cara menggunakan plugin VST pada FL Studio.

      Semoga jelas ya, thanks

  2. Halo Mas Agus. Saya lagi beres-beres isi HDD, eh nemu Daisy ini di HDD. Penasaran, browsing tentang Daisy ini katanya ‘dia’ retired hehehe…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.