Soundbank Angklung Freeware

By on March 3, 2014





Ini adalah sedikit kontribusi saya untuk Angklung, instrumen musik yang berasal dari tempat saya besar saat SMA dan kuliah juga tempat saya belajar jadi musisi profesional πŸ™‚

Angklung

Angklung, instrumen musik bambu ini memang sudah dikenal banyak orang tetapi masih perlu dipopulerkan lagi. Salah satu caranya adalah memberikan akses pada arranger musik digital atau produser musik agar lebih banyak membuat musik yang menggunakan Angklung ini !Β Kesulitan yang biasanya ditemui adalah bahwa tidak mudah untuk mendatangkan sekelompok pemain Angklung dalam suatu produksi musik. Untuk itu, saya ingin ‘sedikit’ membantu dengan membuatkan VSTi Angklung yang freeware (gratis). Sebenarnya bukan plugin VSTi khusus tetapi lebih tepatnya sound library untuk VSTi Kontakt (yang ada versi freewarenya) :). Nah, seperti VSTi instrumen lain yang sudah banyak tersedia seperti untuk drum, gitar, bass, synth, piano dll, hal ini tidak dimaksudkan menggantikan pemain Angklung asli lho, hanya untuk memperbanyak bunyi Angklung di musik Indonesia πŸ™‚

Saya sendiri pada tahun 1998 pernah membantu teman saya, Abiyasa dalam pengembangan instrumen musik ‘Elektric Angklung’ yang menggunakan Angklung asli dan bisa dimainkan dengan tuts kayu (seperti Piano) :

Electric-Angklung

Dengan Electric Angklung ini, saya sempat main di hotel Four Season Bali dan juga beberapa tempat di Bandung, bahkan pernah tampil di RCTI membawakan lagu band Incognito yang berjudul ‘Talkin’ Loud’ dengan penyanyi Lea Simanjuntak !

Angklung masih perlu dipopulerkan lagi dengan memberikan akses pada arranger musik digital atau produser musik agar lebih banyak membuat musik yang menggunakan Angklung ini !

Karena saya belum punya waktu untuk menyampling / membuat sample sound Angklung secara serius (butuh waktu lama utk membuat sampling sound yg serius, bisa habisin waktu berminggu-minggu bahkan ada yang berbulan-bulan) apalagi bikin plugin VSTi khusus….suatu saat nanti moga-moga saya bisa bikin, Amin…maka saya putuskan untuk membuat library sound Angklung via VSTi Kontakt versi 5 menggunakan sound sampling freeware yang saya dapatkan di internet. Hasil googling saya menemukan Angklung Pack milik Parking Sun ini http://www.freesound.org/people/Parking%20Sun/packs/4799/Β di situs www.freesound.org yang merupakan situs library sound FX free. Dari beberapa file .wav polos tersebut, saya edit dan compile supaya bisa jadi library soundnya Native Instrument Kontakt versi 5 dst (sayangnya gak bisa dipakai untuk Kontakt versi 4 atau sebelumnya). Gimana cara saya bikin library ini ? Mungkin ini akan jadi topik artikel lain πŸ˜‰ Ini sedikit demo dari sound Angklungnya yang saya rekam tanpa FX saat mixing. Bunyi Reverb & Delay yang ada itu sudah built-in di sound presetnya πŸ™‚ :

“Firework” Katy Perry’s cover by Agus Hardiman @agushardiman

Kompilasi musik dari teman-teman lain yang menggunakan Free VST Angklung saya ini ada diΒ http://bit.ly/KompilasiVSTAngklung …ENJOY !

Link download ‘Free Angklung’ :Β Free-Angklung-v1.0-(c)2013-ArtSonica









Cara penggunaannya adalah sbb :

  1. Kalau udah punya NI Kontakt v5 yang full, silakan pakai itu. Kalau belum punya, bisa pake yang freeware dengan download player NI Kontakt Player ini http://www.native-instruments.com/en/products/komplete/synths-samplers/kontakt-5-player/free-download/Β (tersedia untuk Mac & PC).
  2. Download Free Angklung Library di atas (format .zip) dan un-zip ke salah satu folder di hardisk kamu.
  3. Jalankan DAW-mu, entah Cubase, Nuendo, Pro Tools, Logic Pro, Studio One, FL Studio, Ableton Live dll yang support VSTi (juga AU) Kontakt dan loading VSTi Kontakt sehingga keluar tampilan sbb (untuk detil cara loadingnya, silakan cari di youtube) :
    Kontakt-Step01
  4. Klik tab ‘Files’ ATAU klik icon Files (gambar disket) lalu navigasi ke folder tempat kamu meng-unzip file Angklung tsb lalu klik salah satu preset (ada 5 preset yang saya bikin) sbb :
    Kontakt-Step02
  5. Rekam dan mainkan !

Mudah kan ? πŸ˜€ Btw, kalau kamu menggunakan Free Kontakt Player, setelah beberapa saat akan keluar pesan sbb :

Kontakt-Step03

Santai aja πŸ™‚ Mereka gak minta dibayar koq, cukup registrasi via internet & Free Kontakt Player tetap gratis dipake ! Jadi pastikan kamu terkoneksi ke internet lalu klik OK sampai proses registrasi selesai…kamu akan bisa memakai VSTi Kontakt freeware ini seumur hidup πŸ˜›

Jangan lupa apabila kamu sudah pakai library sound Angklung freeware ini, silakan mention saya di twitter @agushardiman atau di FB agushardiman dengan link lagunya, nanti saya promokan juga di artikel ini & dimana-mana πŸ™‚




Drummica, Soundbank Drum Freeware untuk Kontakt

About Agus Hardiman

I’m a music producer, book author, audio lecturer & music technology story teller ! Check my portofolio at http://www.AgusHardiman.com

46 Comments

  1. Pingback: Soundbank Gamelan Jawa (Freeware) – ArtSonica Blog by Agus Hardiman

  2. Dimas

    May 2, 2015 at 4:49 pm

    Mas, kok saya sudah registrasi Free Kontakt Player tapi masih tetap demo ya untuk angklungnya? Ada cara lain ga ya supaya suara angklungnya tetap bisa dilukis lewat Piano Roll?

    • Agus Hardiman

      May 4, 2015 at 7:04 pm

      Itu disebabkan soundbank saya tidak membayar sejumlah uang $$$ agar bisa jadi official soundbank Kontakt. Gak ada poinnya juga saya mesti membayar karena ini saya berikan free πŸ˜€
      Solusinya, bisa upgrade Free Kontakt playernya ke versi yg full. Atau seingat saya demonya 15 menit bisa dipakai utk bikin not2nya. Nanti setelah mati, loading ulang Kontaktnya supaya bisa dipake 15 menit berikutnya dst.

    • Agus Hardiman

      February 20, 2016 at 1:51 pm

      Baru baca lagi pertanyaanmu…ternyata memang Kontakt yg Free Player membatasi penggunaan hanya maksimal 15 menit. Setelah itu, kita mesti tutup software DAWnya dan loading ulang.
      Ini keterbatasan dari Kontakt Free Playernya, bukan dari soundbanknya.

      Itu sebabnya dinamakan DEMO.

      Moga2 jelas, thanks

  3. Pingback: Soundbank Kendang Sunda (Freeware) - ArtSonica Blog by Agus Hardiman

  4. Rizatyr

    January 11, 2016 at 11:29 pm

    freeware ini berfungsi di Fruity loops ??

    • Agus Hardiman

      January 19, 2016 at 12:11 pm

      Freeware ini berfungsi di FL Studio, Cubase / Nuendo, Studio One, Ableton Live dll yang mendukung format plugin VST πŸ˜€
      Caranya bisa dibaca di artikelnya di bagian bawah…yaitu menggunakan VST Kontakt versi 5 dan soundbank Angklung ini di loading pada Kontakt !

      Ditunggu musikmu yg pake soundbank ini ya…jangan lupa ditulis sumber soundbanknya, thanks !

  5. Reski Nuari

    January 18, 2016 at 10:13 am

    Keren!
    Tapi sayang, untuk 4 bar, suaranya kayak diulang 2 kali, apa lagi kalau 6 sampai 8 bar
    Tapi terimakasih mas distribusi nya πŸ™‚

    • Agus Hardiman

      January 19, 2016 at 12:15 pm

      Thanks Reski !
      Betul sekali, data mentah Angklung ini memang pendek jadi bagi telinga yg tajam akan bisa dengar looping pointnya πŸ˜€
      Memang ini dibuat dalam waktu sangat singkat (kurang dari 3 jam), hanya utk menunjukkan bahwa kita bisa buat soundbank custom apapun via Kontakt.

      Saya sudah kasih link vst Angklung yg lebih serius (walau berbayar), yg dikerjakan berminggu2 bahkan berbulan2 (versus yg saya ini cuma 2,5jam-an) πŸ˜€

      Dari keterbatasan yg ada, tipsnya adalah gunakan Angklung ini jangan pada bar yg panjang, ataupun kalau mau bar yg panjang, samarkan dgn efek πŸ˜‰ …Tips ini tentu Reski udah paham πŸ˜€

      Thanks udah komen !

  6. RAFAEL DAMAR ARJANGGI

    January 28, 2016 at 12:41 pm

    pak, bisa ndak di rilis lagi dgn format sfz?

    sforzando kan lbh ramah pemakai kelas ekonomi rendah pak hehe.

    males juga kalo msti buka tutup kontakt tiap 15 menit.

    ataukah bisa ada semacam converter utk itu?

    • Agus Hardiman

      February 20, 2016 at 1:52 pm

      Halo Rafael,
      Sayangnya saya belum sempat bikin versi yg sfz. Mungkin nanti kalau udah ada waktu ya…sori nih πŸ˜‰

      Btw converter soundbank Kontakt ke format SFZ belum ada πŸ™

      • asrori

        March 15, 2016 at 3:51 am

        mas bisa di kasih tau gak cara membuat sound library itu prosesnya kayak gmn..

        • Agus Hardiman

          March 15, 2016 at 11:16 am

          Mau bikin sound library apa ?

          • asrori

            April 7, 2016 at 4:01 am

            saya ini ada project skripsi mas, suruh buat sound library drum, saya pake software khusus drum gak di setujuin sama dosennya, mohon petunjuknya mas..

          • Agus Hardiman

            April 8, 2016 at 12:37 am

            Sori gak paham…yg nyuruh bikin library drum siapa ? Dosenmu atau keinginanmu sendiri ?

  7. asrori

    April 8, 2016 at 2:35 pm

    gak ada yang nyuruh mas agus, ini timbul dari inisiatif saya sendiri berdasarkan dari saran saran yang saya dapat, sebelum nya saya sudah melakukan percobaan merancang sebuah drum elektrik, saya menggunaakan FLSTUDIO 11, kemudian ada program yang dapat memanggil suara drum dari VST drum VST nya saya menggunakan addictive drum mas, namun sesudah saya konsultasikan ke dosen dosen kurang setuju, jadi dari sini saya timbul keinginan untuk membuat soundbank drum sperti yang mas agus telah lakukan, dari situ kan ada proses rekaman terus proses pengolahan sinyalnya dari distorsi kan mas? nah itu yang yang menurut saya akan menjadi daya tarik terhadap dosen, oiya mas salam kenal sebelumnya saya asrori dari malang, sedang kuliah jurusan elektro, mohon di bantu mas agus, pliss.. oiya, mas agus udah profesional banget ya ? keren !! saya liat di blognya, di fb nya.. mas TOP banget deh… makasih mas itu penjelasan nya, semoga paham.. hehe πŸ™‚

  8. asrori

    April 9, 2016 at 3:24 am

    keinginan saya sendiri mas agus,, mohon di share langkah2 cara membuat soundbank sehingga bisa di jalankan di kontakt 5,, oiya mas slam kenal sebelumnya saya asrori dari malang.

    • Agus Hardiman

      April 10, 2016 at 7:33 pm

      Ok Asrori, saya memang berniat membuat tutorialnya karena ada banyak yg pingin tahu juga. Thx.

  9. asrori

    April 11, 2016 at 12:47 pm

    terima kasih mas agus, saya tunggu , makasih master !! πŸ™‚

  10. asrori

    April 15, 2016 at 1:47 pm

    mas agus masih belum selesai ya tutorialnya ?, hehehe
    udah penasaran banget mas..

  11. asrori

    April 21, 2016 at 5:35 am

    mas kapan di upload tutorialnya.. saya nungguin mas,, udah deadline pliss mass.. sorri ngrepotin hehe

    • Agus Hardiman

      April 22, 2016 at 10:19 am

      Hahahaha ok. Nunggu data sampling instrumennya dulu ya, thanks

  12. asrori

    April 29, 2016 at 3:48 am

    haloo mas aguss.. gmn, udah datang kah sample instrument nya ? saya nungguin mas..

  13. Kemal

    May 14, 2016 at 8:24 am

    Mas, cara nge-load Kontakt di FL Studio gimana ya? Udah nyari-nyari di Youtube tapi masih belum paham…

  14. asrori

    May 15, 2016 at 11:50 am

    mas agus gmn kabarnya mas.. udah di uplod blum tutorial nya ?

    • Senna

      August 16, 2016 at 6:47 am

      @asrori
      busettt
      cerewet amat ente bung
      fakkk offff

      • Agus Hardiman

        August 17, 2016 at 8:17 pm

        Hahaha gak apa2 mas @Senna, memang saya janji koq, thanks

    • Agus Hardiman

      August 17, 2016 at 8:16 pm

      Hahaha maaf belum, ini sedang ngurus bikin project VST lain di http://www.IndonesiaVST.com dan kalau sudah beres yg VST Taganing Batak, saya buatkan, thanks

  15. Pingback: VST Freeware Gendang Bebano untuk Mac dan Windows - ArtSonica Blog by Agus Hardiman

  16. Rendy C

    August 18, 2016 at 12:01 pm

    Terimakasih utk bang Agus Hardiman.
    thanks utk VST nya.

    saya tertarik skli plugin sample sound2 musik tradisional Indonesia.

    Klo blh nanya,
    Dmn ya Bang sy boleh dpt Vst sample2 Khas Indonesia gratis maupun yg berbayar ?

    Makasih.

    • Agus Hardiman

      August 19, 2016 at 5:14 am

      Hi Rendy,
      Saya sedang membuat project http://www.IndonesiaVST.com dan saat ini sudah dirilis VST Taganing Batak. Nantinya akan banyak lagi VST instrumen musik Indonesia di web ini.
      Silakan like page dan follow twitter & instagram @IndonesiaVST
      Thanks

  17. metal core

    September 4, 2016 at 7:21 pm

    mas agus, saya uda berkeliling cari2 vst sape dayak kalimantan ko gk ada ya hehe

  18. Not Sound

    June 23, 2017 at 9:38 pm

    Mas Agus Buat VST atau Sound “Sape” Dayak dong πŸ™‚

    • Agus Hardiman

      June 23, 2017 at 11:17 pm

      Bisa kasih contoh link youtubenya? Buat gambaran saya. Thanks

  19. purnama

    October 21, 2017 at 1:19 am

    terimakasih banyak boss, ijin donwload sf nya ya

    • Agus Hardiman

      November 1, 2017 at 8:55 am

      Siaaap ! Maksudnya soundbank Kontakt-nya ya…

  20. Aydrow

    October 21, 2017 at 11:38 am

    Ijin sedot ya pak, saya ingin menyisipkan angklung buat project saya….. dan ketemu sama ini website, terima kasih…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *