TEKNIK MEREKAM Gitar Akustik dan Vokal CARA PROFESIONAL dan Review Apogee

Rekam Gitar Akustik & Vokal
Seting DRUM ELEKTRIK dengan Komputer dan Software Drum
Apa Itu MUSIC PRODUCER ?

Merekam gitar akustik dan vokal yang dilakukan satu orang itu tantangannya adalah bocoran yang besar di masing-masing track !

Video ini membahas teknik penempatan mic agar bocoran di masing-masing track minimal. Juga review audio interface premium Apogee Element 24 yang berbasis Thunderbolt :

Apogee tipe Element adalah audio interface / soundcard berkoneksi thunderbolt, dengan low latency hingga 1,4ms pada sampling rate 96kHz.

Ada tiga tipe Apogee Element yaitu Element 24, Element 46 dan Element 88 seperti ini :

Dengan kualitas audio yang maksimal karena rangkaian AD/DA-nya serupa dengan tipe premium Apogee Ensemble, Element adalah solusi untuk Home Studio yang tidak ingin berkompromi dalam hal kualitas !

Panel pada hardware yang bersih dari tombol yang biasanya ada pada produk sejenis memberi kesan elegan. Tentu saja Anda tetap dapat mengakses Gain Input, Phantom Power, Talkback, Monitor volume dll dari mixer virtualnya yaitu Element Control sbb :

Apogee Element 24 Mixer
Apogee Element Control untuk mengatur seting Element 24

Tersedia hardware controller yaitu Apogee Control juga iOS app untuk mengakses hardware Apogee Element ini !

Sebagai info, Audio Interface / Soundcard premium Apogee tipe Element bisa didapatkan di http://www.audiostation.co.id

Pada video, dijelaskan juga teknik merekam gitaris yang bernyanyi dalam satu take.

Masalah bocoran suara gitar akustik yang biasanya besar saat merekam vokal atau sebaliknya, pada track vocal ada banyak bocoran suara gitar akustik, di eliminasi dengan teknik rejeksi berdasarkan polar pattern cardioid seperti ini :

merekam gitar akustik dan vokal dengan polar pattern cardiod dari mic
Polar pattern cardiod yang menyebabkan rejeksi bunyi bocoran pada track vokal

Ada juga contoh hasil rekaman pada video diatas yang menggunakan dua mic condensor yaitu Lewitt LCT 240 untuk vokal dan Lewitt LCT140 untuk gitar akustik.

Oh ya pada video saya menyebutkan tentang tentang Phantom Power, Phase Reverse / Polarity Invert dll. Penjelasannya bisa dibaca di http://blog.artsonica.com/bedah-fungsi-phantom-power-phase-reverse-o-pad-hpf-pada-hardwareaudio/

Ada baiknya menonton video-video Review Hardware Audio & Musik di :

Kalau mau tahu tentang Teknik Recording Vokal dan Instrumen Musik lainnya, silakan cek di:

Kalau kamu suka artikel ini, silakan SUBSCRIBE channel youtube ArtSonica dengan mengklik klik https://www.youtube.com/channel/UCM_R2LZu3qK0pit4NuYrXeQ?sub_confirmation=1

atau klik gambar berikut :

Subscribe Youtube ArtSonica

ENJOY !

Seting DRUM ELEKTRIK dengan Komputer dan Software Drum
Apa Itu MUSIC PRODUCER ?

3 comments on “TEKNIK MEREKAM Gitar Akustik dan Vokal CARA PROFESIONAL dan Review Apogee

  1. Selamat siang mas,
    1. mas boleh kasih tips-tips rekaman instrumen musik etnik supaya secara sound autentiknya tetap orisinal (misalnya instrumen “SAPE”, “SULING”, Gamelan, dsbnya. Apalagi ketika yang di record adalah kolaborasi musik etnik dengan band.

    2. lalu mas boleh gak kasih tips-tips gimana caranya recording multitrack tapi soul dan mood musiknya tétap terjaga, karena selama ini ketika recording multitrack (bukan live) mood dan soulnya gak data, beda dengan kalau recording live. Boleh kasih saran mas?

    makasih sekali mas

    1. Siang…
      1. Untuk merekam instrumen etnis, biasanya kita cari posisi dimana bunyi dominan terdengar. Bisa bawa mic yang sudah aktif input monitoringnya dan sudah masuk ke soundcard lalu minta pemainnya untuk bermain normal, lalu dengan pakai headphones, kita bergerak di sekitar alat musik etnis tsb dan mencari bunyi yang bagus. Sebaiknya pakai headphones yang sangat kedap dari bocoran suara dari luar supaya saat kita monitoring, kita bisa dengar kualitas bunyi serta posisi mana yang bagus untuk menaruh mic.

      2. Saat rekaman sendirian dengan musik guide, memang tantangannya adalah membangkitkan soul si player. Untuk player yang sudah profesional, biasanya mereka tetap bisa ada soulnya walau rekaman tidak bareng-bareng musisi lainnya.
      Nah kalau ada musisi yang mengalami kesulitan dengan soul, biasanya karena belum hafal benar lagunya. Jadi tipsnya, si player harus bisa mainkan partnya dari awal lagu hingga akhir lagu tanpa harus berpikir. Kalau sudah bisa, player tsb akan keluar soulnya koq walau rekaman gak bareng teman-temannya.

      Atau ada trik lain, saat rekaman seorang musisi, musisi lainnya juga ikutan main walau tidak di rekam. Tidak perlu semua musisi main, mungkin hanya 1-2 musisi utama sebagai teman untuk yang lagi rekaman (tentu saja musisi lain tetap harus ikutin music guide yang sudah ada).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.