Tips Membuat Jingle Iklan

Synchro Arts Revoice Pro 3, Solusi Cepat untuk Editing Vokal
InTime, Software Sequencer Yang Bisa Mengikuti Tempo Permainan Musisi

Anda Bingung Cara Membuat Jingle Iklan ? Baca Disini !


Kali ini saya mau share proses pembuatan jingle perusahaan dengan mengambil contoh Jingle Pasar Baru (Bandung) yang saya buat pada tahun 2003…udah lama banget ya 😀

Tips Membuat Jingle Iklan

Brainstorming Isi Jingle

Proses awal pembuatan jingle iklan (setelah ‘deal’ harga) adalah :

  1. Kita berkomunikasi dengan klien dan meminta data tentang perusahaan / produknya. Klien biasanya memberikan data dalam bentuk flyer (brosur) atau poster atau dokumen tertulis lainnya atau link website atau bisa juga hanya dengan lisan / verbal 😛
    Pastikan kita mendapat data yang lengkap ! Kalau tidak, gunakan google untuk menggali informasi lebih dalam !
    Juga tanyakan apakah ada keinginan untuk jenis musik tertentu dan vokalisnya cowo atau cewe atau dua-duanya. Kalau klien menyerahkan kepada kita, pikirkan di langkah ke-3 !
  2. Selanjutnya kita brainstorming atau memikirkan lirik apa yang cocok dengan menyaring informasi yg diberikan klien pada poin 1 !
    INGAT ! Durasi jingle kadang sangat singkat, hanya 1 atau 2 menit bahkan 30 detik (kasus jingle Pasar Baru ini malah hanya 30 detik), jadi pemilihan setiap kata sangat berarti !
  3. Pikirkan musik apa yang sesuai dengan segmentasi pasar produk perusahaan tersebut. Juga penting untuk memilih vokalis yang cocok dengan karakter musiknya.
  4. Presentasi ke klien dengan 2 atau 3 versi jingle yaitu lirik + musik dasar, kalo bisa buat jingle yang berbeda karakternya. Ini akan lebih baik karena klien suka kalo diberikan banyak pilihan 😉
  5. Klien memilih salah satu dari beberapa pilihan tsb & kita teruskan dengan produksi sesungguhnya di……kamar… eh studio 😀

Pembuatan Lirik

Untuk poin 2 yaitu membuat lirik jingle iklan, lakukan riset berikut :
  • Sejarah perusahaan / produk.
  • Pangsa pasar perusahaan / produknya apa ? Kelas atas, bawah, menengah atau mixed ?
  • Sempatkan mencoba produknya atau datang ke lokasi kalau memungkinkan…sekarang lebih mudah, dengan internet, dari kamar juga bisa tau detil (googlemaps, news, video youtube dsb), tapi tetap di sarankan coba produk atau datang ke lokasinya 😉
  • Durasi Jingle berapa lama ?
  • Apa poin-poin penting yang bisa di ambil dari info dari klien (flyer, poster, dokumen, link website, ucapan verbal klien)
  • Perlukah kita membuat ‘tagline’ atau slogan sendiri atau slogan baru ? Atau apakah mereka sudah mempunyai tagline / slogan sendiri ?

Riset Produk

Untuk jingle iklan Pasar Baru ini, hasil risetnya adalah sbb :

  • Sejarahnya, Pasar Baru Bandung dahulu adalah kompleks pasar tradisional yang kebanyakan diisi pedagang kain. Karena perubahan tata ruang kota & perkembangan bisnis di Bandung, pemda setempat mengubah konsepnya menjadi pasar modern bergaya mall yang utamanya menjual kain dan baju tapi dengan variasi jualan lain sehingga lengkap. Dari sini saya dapat 2 poin utama yaitu PASAR & MALL !
  • Konsumen Pasar Baru Bandung itu menengah ke bawah, so musik jazz atau orkestra dan lirik yg canggih saya hindari….so saya memilih lirik & musik pop saja 😀
  • Saya survey dengan datang ke Pasar Baru utk ‘merasakan’ atmosfer disana (sekalian anter istri belanja 😉 )

Supaya pembaca bisa ‘merasakan’ hal yg sama seperti saat saya survey, saya ambil gambar Pasar Baru (hasil goggling & youtube, bukan jepretan saya) :

PasarBaru01

PasarBaru02

Indahnya internet, sekarang search udah banyak video tentang Pasar Baru di Youtube, dulu saya mesti cape-cape survey kesana 😛  Ini salah satunya :

Sepertinya video diatas ini di upload oleh pengunjung Pasar Baru yang WN Malaysia 🙂

Finalisasi Lirik Jingle Iklan

  • Dari hasil survey tsb saya merasakan suasana mall yang nyaman, tidak kotor & ber-AC, tidak seperti pasar tradisonal umumnya. Dari sini saya dapat ide kata ‘PASAR DAN MALL JADI SATU‘ dimana Pasar yg identik dengan kotor, panas, debu, becek (poin negatif) berubah menjadi positif karena ternyata pasarnya berupa mall yg nyaman 😀
  • Satu keuntungan lagi survey sama istri…dia komentar : “Gila, kain2 di Pasar Baru ini bagus2 dan murah2, lumayan beda jauh harga dengan di mall. Juga jualannya lengkap, mau apapun ada disini…tempatnya enak pula..wuiih“. Dari sini saya dapat kata ‘MURAH, LENGKAP DAN NYAMAN‘ !
  • Info dari klien, ternyata Pasar Baru selain tempat belanja retail ternyata juga tempat pedagang kain membeli dalam partai besar atau grosiran. Dari sini saya dapat kata ‘HARGA GROSIR‘ !
  • Karena perusahaan / produk ini belum punya slogan / tagline, jadi saya ciptakan : ‘PASAR BARU, PUSAT BELANJA MODERN, DENGAN HARGA GROSIR’ ! Ini mempertentangkan dua hal, pasar modern yg konotasinya negatifnya barangnya mahal tapi ternyata di Pasar Baru harganya grosiran alias murah (konotasi positif) 😀

Akhirnya saya mendapatkan lirik jingle iklan Pasar Baru lengkapnya sbb :

Vokalis cowo & cewe : PASAR !*
Vokalis cowo : Sudah biasa….
Vokalis cowo & cewe : MALL !*
Vokalis cewe : Juga sudah biasa...
Vokalis cowo & cewe :
PASAR dan MALL jadi satu, cuma Pasar Baru yang bisa…..
murah, lengkap dan nyaman…
Tagline : Pasar Baru…Pusat Belanja Modern…dengan harga grosir !
Catatan : * = Dinyanyikan bareng2 dengan setengah teriak…menandakan perasaan ‘excited’ atau ‘senang’, ‘kaget’ dsb 

Pembuatan Musik

Proses membuat jingle iklan itu kadang-kadang dimulai dari musik dulu atau bisa juga dari lirik dulu atau malah campur aduk, buat sedikit lirik lalu buat musik dasar dst sampai didapat garis besar lirik jingle dan musiknya. Setelah itu, mulailah membuat detil kecil pada jingle sampai jadi !

Jangan lupa untuk mengecek jangkauan nada vokalis Anda supaya musik jingle membuat vokal terdengar maksimal, tidak terdengar suara yang dipaksakan !

Nah untuk membuat musik jingle Pasar Baru ini, saya menggunakan software Reason versi 2.5 (ingat, ini jingle saya tahun 2003 lho), tanpa menggunakan software lainnya 🙂

Hasil akhir jingle-nya adalah seperti berikut ini…..Catatan : Suara bel di intro dan ambience suasana keramaian pasar adalah permintaan klien 😀 (Ya, kadang-kadang ada permintaan khusus klien yang harus kita ikuti).

Ini ada tip sari saya dalam bentuk #VLOGArtSonica, yang bercerita proses pembuatan jingle ala saya :

Nah kira-kira begitu proses pembuatan jingle iklan dari awal sampai selesai ! Ini ada beberapa tips dari saya…

Tips :

  • Buat lirik yang menggambarkan produk klien secara menyeluruh tanpa menggunakan kalimat-kalimat yang panjang !
  • Survey ke lokasi dan browsing di internet adalah cara mendapatkan ide lirik !
  • Lirik harus sesuai dengan pangsa pasar produk (ABG? Anak-anak? High class society? Wanita? Pria? Manula? Masyarakat pedesaan?) dan tentunya sesuai kemauan klien !
  • Semakin sedikit kata-kata dan semakin tepat sasaran..karena itu yang dicari !
  • Apabila belum ada, ciptakan ‘slogan’ atau ‘tagline’ yang simpel dan gampang diingat tetapi tetap unik  !
  • Buat musik yang sesuai pangsa pasar produk !
  • Pilihlah vokalis yang sesuai dengan karakter musik dan jingle dan juga sesuai permintaan klien !
  • Berikan beberapa alternatif jingle saat presentasi…klien suka dengan pilihan !

Oh ya, ada banyak sekali jingle iklan yang saya buat. Ini beberapa di antaranya…mudah-mudahan bisa jadi referensi 😉

Kalau Anda atau perusahaan Anda membutuhkan pembuatan jingle, bisa juga kontak saya. Silakan cek www.AgusHardiman.com dan sample musik di www.soundcloud.com/agushardiman !

UPDATE 2018 : Jasa Jingle Agus Hardiman sekarang ada dalam brand SuperJingle ! Silakan cek web dan portofolio jingle di www.SuperJingle.com

Semoga bermanfaat !

Gimana dengan Anda sendiri ? Punya pengalaman membuat jingle iklan atau mengalami kesulitan membuatnya ? Silakan komentar di bawah ini !

Synchro Arts Revoice Pro 3, Solusi Cepat untuk Editing Vokal
InTime, Software Sequencer Yang Bisa Mengikuti Tempo Permainan Musisi

19 comments on “Tips Membuat Jingle Iklan

  1. wah bener2 deh bagai nemu oasis, haus ilmu saya ttg workflow bikin jingle dijelasin gamblang dan rinci. matur suwun mas, semoga makin berkah artsonica

      1. Assalamu alaikum…wr.wb
        Mas, dalam pembuatan jibgle aplikasi apa saja yg dibutuhkan?
        Dan klo dibuatkan jingle radio komunitas bugetnya berp? Makasih byk

        1. Wa’alaikumussal­aam
          Aplikasi yang dibutuhkan adalah software DAW atau Digital Audio Workstation seperti Cubase / Nuendo, Studio One, Pro Tools dsb (silakan googling). Lalu plugin-plugin virtual instrument seperti yang tersedia gratis di blog ini (menu FREEWARE ZONE) :

          Untuk pembuatan jingle, silakan googling juga, banyak sekali yang menyediakan jasa ini. Kalau saya, sepertinya budgetnya bakal kemahalan utk kondisimu 😀

          1. Siang mas. Untuk kursus Music for Media khususnya dan kursus lainnya, setelah selesai akan ada bantuan untuk pengembangan karir tidak? Rekomendasi? Jejaring? Kesempatan magang di partner Artsonica dll?
            Terimakasih 🙂

          2. Halo Yogi, setiap saat saya selalu utamakan murid ArtSonica 😀 Kalau follow saya di sosmed, saya bbrp kali ngasih lowongan kerjaan khusus utk murid. Contohnya yg ini : https://www.instagram.com/p/-NE57Kv-K4/ atau ini https://www.instagram.com/p/97YJtXP-DU/ atau https://www.instagram.com/p/9SVzipv-Cv/ atau https://www.instagram.com/p/9FHQl4v-Jd/ dan banyak lagi kesempatan kerja lainnya yg khusus utk murid ArtSonica.

            Dan sejauh ini udah lumayan banyak murid2 yang berkarya di berbagai stasiun TV swasta, di PH (Production House) dan berbagai studio rekaman.

            Intinya, walau belum jadi sistem, saya selalu berusaha menyalurkan murid 😉

            Btw, untuk program MUSIC FOR MEDIA, mesti sudah mengikuti program HOME STUDIO PRODUCTION dulu atau mengikuti tes masuk dulu. Ini karena utk program MUSIC FOR MEDIA mesti bisa beberapa hal. Tapi saya yakin Yogi udah fasih ttg dasar-dasar produksi ya.

      1. Maaf, maksud saya apa ada saran khusus untuk membuat jingle radio, dari segi lirik dan musik, saya masih pemula dan kekurangan referensi mas.

  2. misi mas..
    mas saya mau belajar cara membuat jingle music iklan dari dasar..
    tolong info nya dong mas dimana saya bisa kursus buat belajar nya mas..

    makasi sebelumnya…

  3. halo mas agus saya mau tanya,apakah bila saya membuat sebuah jingle, terdiri dari voice vocal dan background music saja yang sudah saya download, itu tidak perlu di mixing/mastering lagi, karena bila disatukan sudah terdengar harmonis, mohon bantuannya .. terima kasih mas agus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.