Ini Dia Cara Lagumu Masuk iTunes

By on March 2, 2017




Sudah lama Apple tidak tertarik untuk membuka layanan jualan musik via iTunes di Indonesia. Ada yang mengira penyebabnya adalah Apple merasa jualan lagu ini tidak akan laku mengingat maraknya pembajakan CD dan DVD di Indonesia dimana puluhan lagu MP3 bisa dikemas dalam 1 CD dan dijual hanya Rp3000/keping. Bandingkan dengan di iTunes dimana satu lagu dijual antara Rp3000 s/d Rp5000.

UPDATE : SETELAH ARTIKEL INI DIBUAT, SAYA MENEMUKAN ALTERNATIF SELAIN YANG DIBAHAS DI ARTIKEL INI YAITU www.TuneCore.com YANG 100% ROYALTI UNTUK ARTISNYA…PLEASE CHECK THEM TOO !

JUGA ADA SITUS www.distrokid.com yang bersifat langganan yaitu kita bayar biaya per satu tahun dan bebas mau upload berapapun lagu yang kita punya. Royalti penjualan 100% milik kita dan laporannya perbulan. Ini solusi yang murah meriah (kalau kita mau upload banyak lagu ke iTunes) !

Tambahan info : Untuk yang ingin men-submit lagunya agar masuk iTunes via TuneCore, mereka bekerjasama dengan LANDR untuk mastering (Baca artikelnya di Mastering Instan LANDR vs Mastering Manual). Sharing dari salah satu follower saya, lagu yang di submit ke TuneCore menggunakan LANDR akan lebih besar kemungkinan untuk di setujui !

Lagu girl band ‘Wish’ ini yaitu Dream Diary bisa masuk iTunes hanya dengan bayar $9,99 via Paypal dan prosesnya 4-5 hari saja meggunakan jasa www.TuneCore.com !

Lagu Dream Diary dari Wish

BACA juga artikel:

Cara AMPUH Menjual Lagu

Tapi tiba-tiba, pada 5 Desember 2012, Apple membuka layanan jualan lagu via iTunes di Indonesia ! Hal ini mungkin didorong oleh keinginan Apple untuk meraup uang. Bagaimanapun juga, dihitung-hitung, Apple akan untung besar karena mendapat presentase dari tiap lagu yang terjual. Dan ini dilakukan secara besar-besaran dimana tiba-tiba Apple membolehkan layanan di 56 negara baru sekaligus termasuk Indonesia. Ini menjadikan total negara yang bisa berjualan lagu di iTunes menjadi 119 negara ! Di sisi lain, ini tentu menggembirakan bagi musisi Indonesia karena punya satu saluran baru untuk menjual lagu setelah musisi ‘patah arang’ dengan pembajakan dan turunnya penerimaan royalti dari RBT (Ring Back Tone).

…ini tentu menggembirakan bagi musisi Indonesia karena punya satu saluran baru untuk menjual lagu…

Walaupun begitu, jualan di iTunes juga bukan hal yang mudah bagi musisi mengingat konsumennya sangat tersegmentasi dimana biasanya mereka adalah pengguna produk Apple seperti iPad, iPhone, iPod, Macbook dsb atau pengguna produk non-Apple yang bisa mengakses iTunes. Mereka termasuk golongan menengah ke atas yang juga belum tentu mau membeli lagu secara legal karena sudah mendarah daging kebiasaan download MP3 secara ilegal. Tapi sudahlah, kita bahas saja tentang bagaimana musisi bisa menjual lagu via iTunes. Setuju ?

Ada beberapa cara menjual lagu via iTunes. Salah satunya menggunakan lembaga yang sudah mendapat ijin atau license untuk mengatur lagu yang akan dijual pada iTunes. Indonesia sendiri (per 2013 saat artikel ini ditulis) belum punya lembaga seperti ini (tolong koreksi kalo salah). Yang ada itu adalah lembaga yang berkedudukan di luar negeri yang mempunyai perwakilan di Indonesia. Nah salah satunya yang saya temukan adalah Promomusicindo yang berkedudukan di London. Menariknya, orang dibelakang Promomusicindo adalah orang Bandung yaitu kang Herna Hermawan. Berikut interview singkatnya…



Bisa dijelaskan apa Promomusicindo itu ?

Herna : PROMOMUSICINDO adalah perusahaan Digital Distributor dan Management Artist yg mempunyai tujuan dan misi ingin memajukan musisi Indonesia agar bisa lebih bergerak luas dalam memperkenalkan hasil karyanya di tingkat International. Kami mempunyai jaringan 400 perusahaan terbesar di dunia International seperti iTunes, Amazon, WE7, Emusic, Spotify, HMV, Virgin dll. Selain itu kita juga mempunyai hubungan kerja sama dengan puluhan stasiun tv dan radio di Indonesia.

PROMOMUSICINDO di harapkan bisa membantu memperkenalkan musik musik hasil karya bangsa Indonesia jauh lebih efisien dan kena langsung terhadap pencinta musik International.

PROMOMUSICINDO ini di bentuk buat musisi-musisi Indonesia yang telah menghasilkan rekaman profesional ciptaan mereka sendiri dan hadir untuk label-label rekaman Indonesia yang memerlukan solusi pendistribusian rekamannya secara Digital Online.
Pertimbangan ini kami bikin karena kami melihat banyak musisi Indonesia dan record label yang berdiri hanya fokus untuk memproduksi sendiri tapi tidak memliki kemampuan distribusi ataupun sekiranya memiliki tapi tidak maksimal.

PROMOMUSICINDO menawarkan ke international dengan berbagai jenis musik, yang memungkinkan untuk bisa masuk dan di terima oleh semua golongan pencinta musik dunia International.

PROMOMUSICINDO berusaha mengeluarkan album baru setiap 2 minggu sekali sehingga di harapkan para musisi Indonesia bisa lebih terpacu dan tersalurkan hasil karyanya lebih cepat dan tidak kalah lebih cepat dari pada musisi dunia lainya yg bisa menghasilkan 5-10 album perharinya di pasaran International.

PROMOMUSICINDO berkantor di Inggris dan mempunyai puluhan staf yg beroperasi di Indonesia, kami mendistribusikan  ke lebih dari 100 negara dan 400 perusahaan digital online di seluruh dunia.

Staf kami sangat profesional memiliki lebih dari 30 tahun pengalaman di dunia musik internasional, yang mencakup semua wilayah dari produk-desain untuk penjualan dan pemasaran, konsep pengembangan dan dukungan khusus untuk musisi Indonesia.

Musik musik yg kita jual selalu kita pilih dengan standar kualitas international sehingga kita bisa saling mendukung tehadap klien distributor kami di seluruh dunia (kami mempunyai 400 perusahaan di seluruh dunia) yg perlu kita jaga hubungannya.

Dengan adanya saling menjaga kualitas di antara pemusik sebagai pencipta musik, distributor sebagai penjual musik dan pendengar musik sebagai market, diharapkan strategi kita akan menciptakan hubungan yang inovatif dan kreatif dan tentunya akan menuntun kemungkinan terbaik untuk turn-over dan keuntungan.bersama. Dan yang pasti kita akan membawa music Indonesia menjadi No.1.

Anda sebagai apa di Promomusicindo ?

Herna : Saya di sini sebagai co-founder /Owner Promomusicindo. Saya terinspirasi  membentuk Promomusicindo ini setelah saya pulang liburan ke Indonesia, setelah melihat dengan mata sendiri banyak musisi Indonesia yg berpotensi tapi hasil karya mereka tidak tersalurkan semestinya.

Apa yang ditawarkan oleh Promomusicindo untuk musisi Indonesia ?

Herna : Saya hanya menawarkan bagi mereka/musisi indonesia  yg sudah mempunyai master rekaman yg profesional untuk menginvestasikan hasil karyanya dengan system bekerja sama baik  dalam pendistribusian atau promo secara professioanal di International yang di lakukan secara bersama-sama.

Ada berapa band/vokalis yang sekarang (per Jan 2013) tergabung dengan Promomusicindo ? Berapa total lagu yang sudah dijual oleh promoMusicIndo di iTunes ?

Herna : Untuk 2013 band /solo yg sudah terdaftar sebanyak kurang lebih 597 band /solo, dengan total lagu kurang lebih ada 3000 ribuan lagu . Namun untuk menjaga kulaitas dan nama Indonesia dari semua band yg mendaftar kami filter hanya band band yg mempunyai kualitas international, sampai saat ini kami sudah mendistribusikan 50 album dan kurang lebih ada sekitar 200 lagu yang bisa di lihat di  amazon.com tepatnya di http://www.amazon.com/s/ref=nb_sb_noss?url=search-alias%3Ddigital-music&field-keywords=indo+mix.

Bagaimana prosedur suatu band / solois apabila ingin menjual lagu di iTunes ?

Herna : Bagi band/artis solo yg ingin mengajukan/bergabung dengan kita, bisa bergabung dengan FB kami di http://www.facebook.com/PROMOMUSICINDO?ref=tn_tnmn dan twitter @indomix_music.



Bagaimana pembagian royalti antara band/solois dengan Promomusicindo ? Royalti dilaporkan perberapa bulan?

Herna : Pembagian royalty adalah 60/40 di mana band mendapatkan 40% dari hasil penjualan dan laporan per 4 bulan. Royalty di berikan setelah mencapai $250. Note : apabila tidak ada penjualan, maka tidak ada laporan per 4 bulan (laporan menjadi per akhir tahun)

Saya mengharapkan agar musisi lebih menghargai hasil karya musik mereka supaya tidak di obral

Apakah saat ini ada program promosi tertentu yang sedang dilakukan Promomusicindo untuk musisi Indonesia ?

Herna : Promosi yg sedang kami lakukan saat ini selain di promosikan di seluruh dunia kami juga fokus promosi yang di titikberatkan pada beberapa negara yg menjadi barometer music international sbb :

Ada yang ingin disampaikan untuk musisi Indonesia ?

Herna : Saya mengharapkan agar musisi lebih menghargai hasil karya musik mereka supaya tidak di obral ! Saya lihat banyak musisi Indonesia yg masih banyak salah dalam strategi marketingnya. Tidak sedikit musisi Indonesia yg menshare lagunya dengan jejaringan yg free (lagunya di share secara free download). Mungkin untuk short-term mereka mencari nama /popularitas dengan memberikan lagu secara gratis tapi dampak long-termnya sangat merugikan band itu sendiri.

Berikut ini saya sertakan juga wawancara dengan salah satu band yang sudah menjual lagunya di iTunes bahkan sejak tahun 2008 dan sekaligus band teman saya yaitu Marvells band yang diwakili oleh Dony Prattiwa (@donyprattiwa) sang bassist :

Bisa cerita sedikit tentang sejarah Marvells band ? Dengar-dengar berawal dari band major label, sekarang gimana ?

Marvells : Sebelumnya kita memakai nama THE CAT, memulai sejarah dengan manggung2 di cafe2 di Bandung, seperti Fame Station (salah satu cafe terkenal di Bandung) dll antara 2002-2004. Tahun 2004 The Cat rilis Album dengan single hits “Kau Dimana” (yang klipnya di pantai itu lhooo) dibawah label Musica Studios :
Tahun 2006, kita keluar dari Musica, dan memutuskan untuk memakai nama baru yaitu MARVELLS.
Berikutnya :
  • 2007 rilis album perdana Marvells (Dari Dasar Dunia) — single hits: Terlalu lama Menanti, Dan Orang Itu Aku — label: Modern IndoLab (grupnya Fuji Film).
  • 2008 kita pindah label lagi ke SMM records.
  • 2008 rilis album Marvells – selftitled — single hits: Kisah Aku, Jatuh Cinta.
  • 2008 mini album religi (Ampuni Aku) — single hits: Seperti Kapas.
  • 2009 rilis album April 2009 — single hits: Lagi Bohong, Bila Aku, Si Keras Hati.
  • 2010 kompilasi album Anti korupsi — kita menyumbang 1 lagu: Rindu Kejujuran.
  • 2011 rilis single Udara.
  • 2012 kompilasi religi Syahadat Cinta — menyumbang 2 lagu: Shalawat, Nikmat Mana Lagi
  • 2012 kontrak antara marvells dengan SMM records selesai. Selanjutnya kita memutuskan  untuk menjalankan bisnis ini sendiri saja.
  • 2012: single Political Apology (satu-satunya lagu Marvells yang berbahasa inggris)
  • 2012 mini album The Partyland (yang dijual di iTunes)

Naahhh kurang lebih begitu sejarah singkatnya Marvells 😀

Link web Marvells band apa dan link lagu-lagunya ada dimana di iTunes ? Ada berapa lagu yang dijual disana ?

Marvells : Wah kalau nanya webnya Marvells malu juga nih. Beli domainnya udah dari tahun 2007, tapi sampai sekarang masih belum fix juga designnya. Tapi kalau mau liat2 silahkan buka http://www.marvellsband.com
Kalau di iTunes saya masukin album ‘Dari Dasar Dunia’ dan satu single ‘Political Apology’. Next yang akan rilis iTunes adalah album ‘The Partyland’. Untuk menemukan link lagu marvells bisa di search: “marvells” atau bisa juga klik link dibawah ini:

Sejak kapan Marvells Band resmi jualan di iTunes dan bagaimana ceritanya bisa masuk duluan dibandingkan band indonesia lainnya ?

Marvells : Sekitar tahun 2008 kita ditawarin kang Herna dari Promomusicindo Indomix untuk mencoba jualan digital lewat jalurnya dia. Saya pikir kenapa ngga, nothing to lose aja deh. Saya sengaja masukin album yang lama (Dari Dasar Dunia) yang secara hukum ga ada hubungannya dengan label kita pada saat itu karena masih uji coba. Tahun 2008 album Marvells bukan hanya saja ada di iTunes, tapi juga ada di web Amazon (.com, .co.uk, .de, .jp, dst), Spotify, Deezer, WE7 dan lain-lain.

Bagaimana perkembangan jualan lagunya di iTunes ? Udah dapat royalti ?

Marvells Band : Kalau ngomong royalty sih dibilang kecil sekali, karena memang bisa dibilang kita tidak ada usaha apa2 untuk mempromosikan, atau tepatnya tidak tau cara berpromosi di dunia net. Namanya juga nothing to lose :))))  Jadi kita tetap memfokuskan di dalam negeri saja.

Tapi beda ceritanya sekatang semenjak ada Itunes di Indonesia….

Apa tantangan untuk band / solois dalam konteks jualan lagu via iTunes vs jualan cara biasa (jual CD atau pendapatan royalti dari RBT) ?

Marvells Band : Pada dasarnya sih sama saja, karena iTunes hanya bentuk lapak yang baru. Karena akan balik lagi ke basic, yaitu produknya itu sendiri, dan bagaimana supaya produknya itu bisa terpromosikan ke masyarakat.

Apakah ada saran untuk band-band Indonesia yang mau jualan di iTunes ?

Marvells Band : iTunes sendiri tidak menerima artisnya langsung, jadi kalau mau mencoba, bisa lewat publisher seperti Promomusicindo di https://www.facebook.com/groups/indomix/ atau kontak kang Herna di https://www.facebook.com/hermawanindomix. Jalur yang lain yang saya tahu adalah via CDbaby.com. boleh juga dicoba.
[/box_light] Apakah Anda memilih ikut iTunes atau tidak, semuanya terserah Anda ! Cek semua info yang ada dan pastikan Anda mengerti dengan baik bagaimana sistemnya bekerja lalu putuskan !

Bagi yang punya info lain tentang cara masuk iTunes, silakan berbagi di bagian komentar di bawah ini….

Semoga bermanfaat !

Catatan : Artikel ini BUKAN dibuat berdasarkan pesanan untuk mempromosikan jasa tertentu ! Artikel ini hanya ingin menjawab pertanyaan banyak musisi Indonesia yang sampai ke saya tentang bagaimana cara berjualan di iTunes !




Bagaimana Menghitung Harga Jual Jasa Musik mu ke Klien ?
#ArtSonicaMeme, Kumpulan Meme Musik & Audio Lucu

About Agus Hardiman

I'm a music producer, book author, audio lecturer & music technology story teller ! Check my portofolio at http://www.AgusHardiman.com

43 Comments

  1. tonky

    December 10, 2014 at 12:13 pm

    saya sudah buat beberapa lagu, dan video klip sederhana, bisa liat di youtube TONKY 12# , TONKY 14# , TONKY 17 # dstnya… saya juga punya stock lagu…. bisa hub. 085643196766. tolong om, bantu promo dan jualkan om . FB. saya TOTOK S TONKY

  2. ReAL Kemal

    March 5, 2015 at 5:41 am

    My Phone Number : 082124909962…ReAL Kemal

  3. Pingback: Mastering Instan LANDR vs Mastering Manual

  4. adjie

    September 12, 2015 at 9:15 am

    berminat dengan ciptaan lagu-lagu saya;
    1.resah
    2.gadis bali
    3.teman
    4.damailah negeriku
    5.kembali pulang
    dan masih banyak lagi.
    hub; tlpn.087877885696
    pin.7d9e1829
    thankz

  5. Rian Firds

    October 28, 2015 at 10:47 am

    yuk di follow → Soundcloud.com/rianfirds

  6. onez

    November 1, 2015 at 1:19 pm

    sy punya 1 album yg sdh sy rekam brgenre pop..di jamin ngjual bgt..klo ada yg minat bs hub.085782012285

  7. tito

    November 16, 2015 at 9:22 am

    Saya punya lagu single bagaimana cara mempromosikannya?tolong dibalas ya!

    • Agus Hardiman

      November 17, 2015 at 12:51 am

      Ini pertanyaan semua orang dan tidak ada satu jawaban simple. Beberapa cara yg bisa dicoba (masih banyak lagi cara lain) :
      – Upload di youtube dan promosikan terus menerus (semakin banyak view & like, semakin dilirik media massa tapi hati2 kalo spam malah gak ada yg mau nonton)
      – Kirim ke radio-radio
      – Kirim ke label rekaman (kemungkinan sangat kecil diterima karena ada jutaan lagu sedangkan label sedikit)
      – Perform lagumu dan raih fans sebanyak mungkin (semakin banyak fans, semakin dilirik media massa)
      – Berdoa 😀
      Oh ya, ada baiknya sebelumnya mendaftarkan lagunya ke Dirjen HAKI.

  8. haighry sobirilah

    November 22, 2015 at 5:07 am

    Hy,apakah layan promosi tersebut dapat mencakup band band indie seperti metal?
    Sejujurnya kami sebagai musisi underground sangat sulit untuk memperkenalkan atau mempromosikan album album kami tidak seperti band eropa luar negeri yang sangat mudah untuk mempromosikan album album mereka

    • Agus Hardiman

      November 24, 2015 at 9:51 am

      Harusnya sih lintas genre. Tapi bisa coba dicek dulu dgn kontak masing2 yg disebut diatas.
      Disini hanya menyampaikan info saja, bukan yg melaksanakan fungsi di atas.
      Btw TuneCore.com karena situs internasional, harusnya sih bisa semua genre musik.

      Bisa juga cari tahu band Eropa itu pakai jasa apa utk promosi.

      Mudah2an di masa datang saya bisa buatkan artikel caranya yg lebih detil.

      Good luck yaaaa !

  9. saiful ridjal

    April 30, 2016 at 7:47 pm

    Saya punya punya lagu anak Indonesia sudah jadi, legkp musik dan vokal. sy ingin menjualnya secara lebih luas jangkauannya, melalui iTunes dll. Krn sy yakin lagunya ckp potensial. Untuk itu langkah pertama saya adl mengunggah di youtube sbg promosi. Benarkah itu Mas Agus ? Sebelumnya sy sampaikan terima kasih.

    • Agus Hardiman

      May 1, 2016 at 2:54 am

      Halo Saiful, yang ditanyakan itu sangat luas yaitu menyangkut marketing dalam jaman digital, jadi saran saya belum tentu paling baik, silakan cari tahu lagi dari sumber lainnya.

      iTunes tentu menjadi platform yg universal / dapat di akses lintas negara, hanya tantangannya, bagaimana lagu kita bisa menjual, apalagi saya tebak, lagunya menggunakan Bahasa Indonesia ya…

      Menggugah di youtube dalam format full juga ada plus minusnya…plus nya, kita bisa tau seberapa potensial lagu kita (tentunya kita sbg pengarang lagu merasa lagu kita bagus, tetapi ini mesti dibuktikan dgn pendapat orang lain, salah satunya dgn like di youtube).
      Minusnya, kalau di upload full song, berarti orang dengan mudah akan bisa mendownload lagunya, tanpa perlu membeli 😉

      Silakan dipikirkan dan sambil cari info lain, spt yg saya bilang, saya bukan pakar digital marketing 😀

  10. saiful ridjal

    April 30, 2016 at 8:09 pm

    oh, ya. Sbg contoh lagu sy yg sdh di you tube dengan (key word): Pesantrenku Keren oleh altof Lumajang. Yg sy tanyakan di atas utk 4 lagu sy yg lain bertema umum/ bukan pesantren yg msh secret.

  11. DM

    May 2, 2016 at 4:41 am

    Saya punya banyak lagu POP masa kini yang pastinya beda sama lagu pop indo biasanya, BBM saja 7FCD3010

  12. Fani boy

    June 20, 2016 at 6:57 am

    Kalo lagu kita menggunakan bahasa Indonesia. Perlukah mempromosikan ke luar negeri? Dan bagaimana pengalaman org-orang yg menjual karya mereka yg berbahasa Indonesia ke luar negeri? Atau lebih baik fokus promosi ke dalam negeri saja? Mksh

    • Agus Hardiman

      June 20, 2016 at 7:52 am

      Hi Fani Boy,
      Kalau menggunakan bahasa Indonesia memang lebih sedikit kemungkinan di dengar orang sedunia. Rata-rata jarang ada yg berhasil menjual keluar negeri kecuali ke negara yang berbahasa serumpun seperti Malaysia dan Singapore.
      Kalau mau jualan keluar, ya mau gak mau mesti pakai bahasa Inggris. Udah berbahasa Inggris pun juga bukan jaminan hahahaha
      Saran saya bikin dua versi bahasa saja, jadi mau di lempar kemanapun tetap bisa 😀
      Soal hasil, Yang Di Atas yang menentukan (sori jawaban basi)…sbg contoh Noah rilis lagu berbahasa Inggris, menurut kamu gimana hasilnya ?

  13. erdoardo

    July 27, 2016 at 7:56 am

    Search on YouTube : promnite – kau butuhku karena dia

  14. Dodi

    August 2, 2016 at 6:12 am

    Dear Mas Agus Hardiman,

    Saya pengen kerjasama sama Mas Agus nih, langsung aja link soundcloud saya.
    lagunya Inggris semua, yang pasti sih kita butuh recording pro.
    nanti masalah share dapat dibicarakan lebih lanjut 🙂
    berikut link soundclod saya : https://soundcloud.com/user-183571622

    Nama Band : The Orde
    Contact : 08990623262

    • Agus Hardiman

      August 3, 2016 at 12:28 am

      Halo Dodi,
      Ok akan saya kontak ya, thanks

  15. Zian

    December 16, 2016 at 8:46 am

    Dear Mas Agus,

    maaf mau tanya,
    1. klo kita mau menjual lagu/hak cipta. apa perlu daftar dlu ke dirjen Haki ?
    takutnya nanti ada kecurangan/claim dari pihak2 yg tidak bertanggung jawab.
    2. klo udah terdaftar di Haki, ketika lagunya udah saya jual ke orang lain, bagaimana status lagu tersebut yang terdaftar di Haki atas nama saya.
    3. untuk daftar ke Dirjen haki apakah harus di Kantor Haki Jakarta atau bisa di Kanwil Kemenhunkam ?
    4. apa tanda/bukti bahwa hak cipta kita sudah terdaftar di haki.

    Maaf pertanyaannya klo kebanyakan hehe.
    Makasih sebelumnya.

    • Agus Hardiman

      December 20, 2016 at 12:49 am

      1) Sebenarnya menurut hukum Hak Cipta, begitu suatu lagu di ciptakan, pada detik itu, Hak Cipta ada secara hukum. Hanya masalahnya, kalau nanti ada yg mengklaim, akan susah bertarung tanpa bukti otentik. Nah bukti otentik itu adalah dengan daftar ke Dirjen HAKI.
      2) Ya dijualnya apakah di alihkan juga hak cipta nya ? Kalau iya, tentu saja harus mengurus perpindahan Hak Cipta ke pembeli tsb (biasanya gak usah di suruh, si pembeli pasti akan minta di transfer kepemilikannya koq hahaha)
      3) Setahu saya harus download formulir via online di web Dirjen HAKI (http://www.dgip.go.id/) dulu trus di isi lalu dibawa ke kantor HAKI Jakarta. Kalau ditanya apa bisa di Kanwil, saya kurang tahu, coba gunakan kontak yg ada di web atau email utk ditanyakan
      4) Tentu saja ada surat hak cipta yg dikeluarkan Dirjen HAKI

  16. Putera

    December 21, 2016 at 11:37 pm

    Saya mau jual lagu saya, di itunes? Gimana caranya ya?
    All sosmed : @puterapra
    Contact : 085795555459

    • Agus Hardiman

      December 22, 2016 at 4:42 am

      Di paragraf pertama artikel ini disebutkan link web yang menerima lagu utk bisa jualan di iTunes, silakan dibaca (sebelum komen apakah sudah baca ?)

  17. Saef

    March 1, 2017 at 12:45 am

    Makasih ya mas Agus berkat artikelnya lagu saya sekarang sudah masuk iTunes. Langsung masuk tanpa harus di mastering ulang. 🙂

    • Agus Hardiman

      March 5, 2017 at 11:30 pm

      Wah congrats ya! Jadi masukinnya pakai jalur atau website apa? Ini saya dapat info web lain yg lebih murah. Artikelnya akan saya update.

      Thanks komentarnya !

      • Saef

        March 6, 2017 at 2:41 am

        Melalui Tunecore mas!

  18. akbar

    April 11, 2017 at 8:26 am

    Saya masih bingung nih mau dikemanaain ya hasil musikku yang bergenre edm

  19. Fajri

    May 2, 2017 at 1:25 pm

    Mas agus kalau lagu instrument bagus ga kalau di jual?

    • Agus Hardiman

      May 4, 2017 at 6:26 am

      Banyak koq lagu instrumen di jual di iTunes. Tapi tantangannya bukan itu, karena gak peduli lagu pakai vokal atau instrumen saja, PRnya adalah apakah memang lagu kita banyak yg suka sampai akhirnya ada yg beli.

      Apapun itu, tetap SemangArt Sonica ! 😀

  20. Pingback: Menjual Lagu? Ini Dia Cara Ampuh Tanpa Basa-basi!

  21. Pingback: Cara Gila Produksi Musik ala Musisi Indonesia

  22. Pingback: Ini Dia Cara Lagumu Masuk iTunes

  23. Jamz

    August 13, 2017 at 4:11 pm

    Hallo mas Agus hardiman aku Mau nanya NIH akusudah upload lagu lewat tunecore udah bayar via PayPal kira2 waktu nunggu YG di tentuin berapa Hari untuk konfirm Dari tunecore soalnya udah seminggu Masih belum muncul di digital store nya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *