Ini Dia Cara Lagumu Masuk iTunes, Joox, Spotify

#ArtSonicaMeme, Kumpulan Meme Musik & Audio Lucu
Bagaimana Menghitung Harga Jual Jasa Musik mu ke Klien ?




Sudah lama Apple tidak tertarik untuk membuka layanan jualan musik via iTunes di Indonesia. Ada yang mengira penyebabnya adalah Apple merasa jualan lagu ini tidak akan laku mengingat maraknya pembajakan CD dan DVD di Indonesia dimana puluhan lagu MP3 bisa dikemas dalam 1 CD dan dijual hanya Rp3000/keping. Bandingkan dengan di iTunes dimana satu lagu dijual antara Rp3000 s/d Rp5000.

UPDATE : SETELAH ARTIKEL INI DIBUAT, SAYA MENEMUKAN ALTERNATIF SELAIN YANG DIBAHAS DI ARTIKEL INI YAITU www.TuneCore.com YANG 100% ROYALTI UNTUK ARTISNYA…PLEASE CHECK THEM TOO !

JUGA ADA SITUS www.distrokid.com yang bersifat langganan yaitu kita bayar biaya per satu tahun dan bebas mau upload berapapun lagu yang kita punya. Royalti penjualan 100% milik kita dan laporannya perbulan. Ini solusi yang murah meriah (kalau kita mau upload banyak lagu ke iTunes) !


Dan juga ada situs lokal lainnya yang bagus juga yaitu NetRilis.

Info tentang NetRilis :

Mendistribusikan lagu ciptaan sendiri maupun cover; ke iTunes, Spotify, Deezer dan Digital Stores lainnya dengan masa edar selamanya (no annual fee), bisa merilis dengan custom record-label (nama label sendiri) dan rilisan dipromosikan diberbagai social media dan web.

Kelebihan Netrilis Selengkapnya
No Sign-up Required
Melalui Netrilis, Anda tidak membutuhkan pendaftaran untuk meng-upload lagu ke online music stores. Semua terintegrasi dengan akun Google atau Gmail Anda.
Fast Releases 
1 s/d 2 Minggu dari Approved rilisan Anda live di semua stores partners Netrilis
Lifetime & No Annual Fee 
Masa Edar lagu berlaku selamanya (kecuali Netrilis dan atau partners melakukan perubahan). Serta tidak ada biaya tahunan.
No Youtube Copyright Claim 
Channel Youtube artis bebas dari klaim hak cipta dan copyright sepenuhnya milik Artist.
Custom Record Label 
Anda dapat merilis musik dengan nama Record Label sendiri dengan tarif murah, yaitu Rp.25.000,- per rilis.
Spread the Word 
Dapat diartikan sebagai Promosi, dimana setiap musik yang dirilis via Netrilis akan di posting secara auto ke banyak halaman di internet (Social Media, Blog dan Web). Termasuk melalui akun official Netrilis maupun whitelist brands.
Professional Support 
Netrilis adalah perusahaan berbadan hukum CV Netrilis. Dan Revenue share (75% Artists, 25% Netrilis) adalah alasan mendasar Netrilis bekerja secara profesional dalam me-manage, mendistribusikan dan melakukan pengembangan terkait boosting sales untuk rilisan Artists.

 


Tambahan info : Untuk yang ingin men-submit lagunya agar masuk iTunes via TuneCore, mereka bekerjasama dengan LANDR untuk mastering (Baca artikelnya di Mastering Instan LANDR vs Mastering Manual). Sharing dari salah satu follower saya, lagu yang di submit ke TuneCore menggunakan LANDR akan lebih besar kemungkinan untuk di setujui !

Lagu girl band ‘Wish’ ini yaitu Dream Diary bisa masuk iTunes hanya dengan bayar $9,99 via Paypal dan prosesnya 4-5 hari saja meggunakan jasa www.TuneCore.com !

Lagu Dream Diary dari Wish

BACA juga artikel:

Cara AMPUH Menjual Lagu

Tapi tiba-tiba, pada 5 Desember 2012, Apple membuka layanan jualan lagu via iTunes di Indonesia ! Hal ini mungkin didorong oleh keinginan Apple untuk meraup uang. Bagaimanapun juga, dihitung-hitung, Apple akan untung besar karena mendapat presentase dari tiap lagu yang terjual. Dan ini dilakukan secara besar-besaran dimana tiba-tiba Apple membolehkan layanan di 56 negara baru sekaligus termasuk Indonesia. Ini menjadikan total negara yang bisa berjualan lagu di iTunes menjadi 119 negara ! Di sisi lain, ini tentu menggembirakan bagi musisi Indonesia karena punya satu saluran baru untuk menjual lagu setelah musisi ‘patah arang’ dengan pembajakan dan turunnya penerimaan royalti dari RBT (Ring Back Tone).

…ini tentu menggembirakan bagi musisi Indonesia karena punya satu saluran baru untuk menjual lagu…

Walaupun begitu, jualan di iTunes juga bukan hal yang mudah bagi musisi mengingat konsumennya sangat tersegmentasi dimana biasanya mereka adalah pengguna produk Apple seperti iPad, iPhone, iPod, Macbook dsb atau pengguna produk non-Apple yang bisa mengakses iTunes. Mereka termasuk golongan menengah ke atas yang juga belum tentu mau membeli lagu secara legal karena sudah mendarah daging kebiasaan download MP3 secara ilegal. Tapi sudahlah, kita bahas saja tentang bagaimana musisi bisa menjual lagu via iTunes. Setuju ?

Ada beberapa cara menjual lagu via iTunes. Salah satunya menggunakan lembaga yang sudah mendapat ijin atau license untuk mengatur lagu yang akan dijual pada iTunes. Indonesia sendiri (per 2013 saat artikel ini ditulis) belum punya lembaga seperti ini (tolong koreksi kalo salah). Yang ada itu adalah lembaga yang berkedudukan di luar negeri yang mempunyai perwakilan di Indonesia. Nah salah satunya yang saya temukan adalah Promomusicindo yang berkedudukan di London. Menariknya, orang dibelakang Promomusicindo adalah orang Bandung yaitu kang Herna Hermawan. Berikut interview singkatnya…



Bisa dijelaskan apa Promomusicindo itu ?

Herna : PROMOMUSICINDO adalah perusahaan Digital Distributor dan Management Artist yg mempunyai tujuan dan misi ingin memajukan musisi Indonesia agar bisa lebih bergerak luas dalam memperkenalkan hasil karyanya di tingkat International. Kami mempunyai jaringan 400 perusahaan terbesar di dunia International seperti iTunes, Amazon, WE7, Emusic, Spotify, HMV, Virgin dll. Selain itu kita juga mempunyai hubungan kerja sama dengan puluhan stasiun tv dan radio di Indonesia.

PROMOMUSICINDO di harapkan bisa membantu memperkenalkan musik musik hasil karya bangsa Indonesia jauh lebih efisien dan kena langsung terhadap pencinta musik International.

PROMOMUSICINDO ini di bentuk buat musisi-musisi Indonesia yang telah menghasilkan rekaman profesional ciptaan mereka sendiri dan hadir untuk label-label rekaman Indonesia yang memerlukan solusi pendistribusian rekamannya secara Digital Online.
Pertimbangan ini kami bikin karena kami melihat banyak musisi Indonesia dan record label yang berdiri hanya fokus untuk memproduksi sendiri tapi tidak memliki kemampuan distribusi ataupun sekiranya memiliki tapi tidak maksimal.

PROMOMUSICINDO menawarkan ke international dengan berbagai jenis musik, yang memungkinkan untuk bisa masuk dan di terima oleh semua golongan pencinta musik dunia International.

PROMOMUSICINDO berusaha mengeluarkan album baru setiap 2 minggu sekali sehingga di harapkan para musisi Indonesia bisa lebih terpacu dan tersalurkan hasil karyanya lebih cepat dan tidak kalah lebih cepat dari pada musisi dunia lainya yg bisa menghasilkan 5-10 album perharinya di pasaran International.

PROMOMUSICINDO berkantor di Inggris dan mempunyai puluhan staf yg beroperasi di Indonesia, kami mendistribusikan  ke lebih dari 100 negara dan 400 perusahaan digital online di seluruh dunia.

Staf kami sangat profesional memiliki lebih dari 30 tahun pengalaman di dunia musik internasional, yang mencakup semua wilayah dari produk-desain untuk penjualan dan pemasaran, konsep pengembangan dan dukungan khusus untuk musisi Indonesia.

Musik musik yg kita jual selalu kita pilih dengan standar kualitas international sehingga kita bisa saling mendukung tehadap klien distributor kami di seluruh dunia (kami mempunyai 400 perusahaan di seluruh dunia) yg perlu kita jaga hubungannya.

Dengan adanya saling menjaga kualitas di antara pemusik sebagai pencipta musik, distributor sebagai penjual musik dan pendengar musik sebagai market, diharapkan strategi kita akan menciptakan hubungan yang inovatif dan kreatif dan tentunya akan menuntun kemungkinan terbaik untuk turn-over dan keuntungan.bersama. Dan yang pasti kita akan membawa music Indonesia menjadi No.1.

Anda sebagai apa di Promomusicindo ?

Herna : Saya di sini sebagai co-founder /Owner Promomusicindo. Saya terinspirasi  membentuk Promomusicindo ini setelah saya pulang liburan ke Indonesia, setelah melihat dengan mata sendiri banyak musisi Indonesia yg berpotensi tapi hasil karya mereka tidak tersalurkan semestinya.

Apa yang ditawarkan oleh Promomusicindo untuk musisi Indonesia ?

Herna : Saya hanya menawarkan bagi mereka/musisi indonesia  yg sudah mempunyai master rekaman yg profesional untuk menginvestasikan hasil karyanya dengan system bekerja sama baik  dalam pendistribusian atau promo secara professioanal di International yang di lakukan secara bersama-sama.

Ada berapa band/vokalis yang sekarang (per Jan 2013) tergabung dengan Promomusicindo ? Berapa total lagu yang sudah dijual oleh promoMusicIndo di iTunes ?

Herna : Untuk 2013 band /solo yg sudah terdaftar sebanyak kurang lebih 597 band /solo, dengan total lagu kurang lebih ada 3000 ribuan lagu . Namun untuk menjaga kulaitas dan nama Indonesia dari semua band yg mendaftar kami filter hanya band band yg mempunyai kualitas international, sampai saat ini kami sudah mendistribusikan 50 album dan kurang lebih ada sekitar 200 lagu yang bisa di lihat di  amazon.com tepatnya di http://www.amazon.com/s/ref=nb_sb_noss?url=search-alias%3Ddigital-music&field-keywords=indo+mix.

Bagaimana prosedur suatu band / solois apabila ingin menjual lagu di iTunes ?

Herna : Bagi band/artis solo yg ingin mengajukan/bergabung dengan kita, bisa bergabung dengan FB kami di http://www.facebook.com/PROMOMUSICINDO?ref=tn_tnmn dan twitter @indomix_music.



Bagaimana pembagian royalti antara band/solois dengan Promomusicindo ? Royalti dilaporkan perberapa bulan?

Herna : Pembagian royalty adalah 60/40 di mana band mendapatkan 40% dari hasil penjualan dan laporan per 4 bulan. Royalty di berikan setelah mencapai $250. Note : apabila tidak ada penjualan, maka tidak ada laporan per 4 bulan (laporan menjadi per akhir tahun)

Saya mengharapkan agar musisi lebih menghargai hasil karya musik mereka supaya tidak di obral

Apakah saat ini ada program promosi tertentu yang sedang dilakukan Promomusicindo untuk musisi Indonesia ?

Herna : Promosi yg sedang kami lakukan saat ini selain di promosikan di seluruh dunia kami juga fokus promosi yang di titikberatkan pada beberapa negara yg menjadi barometer music international sbb :

Ada yang ingin disampaikan untuk musisi Indonesia ?

Herna : Saya mengharapkan agar musisi lebih menghargai hasil karya musik mereka supaya tidak di obral ! Saya lihat banyak musisi Indonesia yg masih banyak salah dalam strategi marketingnya. Tidak sedikit musisi Indonesia yg menshare lagunya dengan jejaringan yg free (lagunya di share secara free download). Mungkin untuk short-term mereka mencari nama /popularitas dengan memberikan lagu secara gratis tapi dampak long-termnya sangat merugikan band itu sendiri.

Berikut ini saya sertakan juga wawancara dengan salah satu band yang sudah menjual lagunya di iTunes bahkan sejak tahun 2008 dan sekaligus band teman saya yaitu Marvells band yang diwakili oleh Dony Prattiwa (@donyprattiwa) sang bassist :

Bisa cerita sedikit tentang sejarah Marvells band ? Dengar-dengar berawal dari band major label, sekarang gimana ?

Marvells : Sebelumnya kita memakai nama THE CAT, memulai sejarah dengan manggung2 di cafe2 di Bandung, seperti Fame Station (salah satu cafe terkenal di Bandung) dll antara 2002-2004. Tahun 2004 The Cat rilis Album dengan single hits “Kau Dimana” (yang klipnya di pantai itu lhooo) dibawah label Musica Studios :
Tahun 2006, kita keluar dari Musica, dan memutuskan untuk memakai nama baru yaitu MARVELLS.
Berikutnya :
  • 2007 rilis album perdana Marvells (Dari Dasar Dunia) — single hits: Terlalu lama Menanti, Dan Orang Itu Aku — label: Modern IndoLab (grupnya Fuji Film).
  • 2008 kita pindah label lagi ke SMM records.
  • 2008 rilis album Marvells – selftitled — single hits: Kisah Aku, Jatuh Cinta.
  • 2008 mini album religi (Ampuni Aku) — single hits: Seperti Kapas.
  • 2009 rilis album April 2009 — single hits: Lagi Bohong, Bila Aku, Si Keras Hati.
  • 2010 kompilasi album Anti korupsi — kita menyumbang 1 lagu: Rindu Kejujuran.
  • 2011 rilis single Udara.
  • 2012 kompilasi religi Syahadat Cinta — menyumbang 2 lagu: Shalawat, Nikmat Mana Lagi
  • 2012 kontrak antara marvells dengan SMM records selesai. Selanjutnya kita memutuskan  untuk menjalankan bisnis ini sendiri saja.
  • 2012: single Political Apology (satu-satunya lagu Marvells yang berbahasa inggris)
  • 2012 mini album The Partyland (yang dijual di iTunes)

Naahhh kurang lebih begitu sejarah singkatnya Marvells 😀

Link web Marvells band apa dan link lagu-lagunya ada dimana di iTunes ? Ada berapa lagu yang dijual disana ?

Marvells : Wah kalau nanya webnya Marvells malu juga nih. Beli domainnya udah dari tahun 2007, tapi sampai sekarang masih belum fix juga designnya. Tapi kalau mau liat2 silahkan buka http://www.marvellsband.com
Kalau di iTunes saya masukin album ‘Dari Dasar Dunia’ dan satu single ‘Political Apology’. Next yang akan rilis iTunes adalah album ‘The Partyland’. Untuk menemukan link lagu marvells bisa di search: “marvells” atau bisa juga klik link dibawah ini:

Sejak kapan Marvells Band resmi jualan di iTunes dan bagaimana ceritanya bisa masuk duluan dibandingkan band indonesia lainnya ?

Marvells : Sekitar tahun 2008 kita ditawarin kang Herna dari Promomusicindo Indomix untuk mencoba jualan digital lewat jalurnya dia. Saya pikir kenapa ngga, nothing to lose aja deh. Saya sengaja masukin album yang lama (Dari Dasar Dunia) yang secara hukum ga ada hubungannya dengan label kita pada saat itu karena masih uji coba. Tahun 2008 album Marvells bukan hanya saja ada di iTunes, tapi juga ada di web Amazon (.com, .co.uk, .de, .jp, dst), Spotify, Deezer, WE7 dan lain-lain.

Bagaimana perkembangan jualan lagunya di iTunes ? Udah dapat royalti ?

Marvells Band : Kalau ngomong royalty sih dibilang kecil sekali, karena memang bisa dibilang kita tidak ada usaha apa2 untuk mempromosikan, atau tepatnya tidak tau cara berpromosi di dunia net. Namanya juga nothing to lose :))))  Jadi kita tetap memfokuskan di dalam negeri saja.

Tapi beda ceritanya sekatang semenjak ada Itunes di Indonesia….

Apa tantangan untuk band / solois dalam konteks jualan lagu via iTunes vs jualan cara biasa (jual CD atau pendapatan royalti dari RBT) ?

Marvells Band : Pada dasarnya sih sama saja, karena iTunes hanya bentuk lapak yang baru. Karena akan balik lagi ke basic, yaitu produknya itu sendiri, dan bagaimana supaya produknya itu bisa terpromosikan ke masyarakat.

Apakah ada saran untuk band-band Indonesia yang mau jualan di iTunes ?

Marvells Band : iTunes sendiri tidak menerima artisnya langsung, jadi kalau mau mencoba, bisa lewat publisher seperti Promomusicindo di https://www.facebook.com/groups/indomix/ atau kontak kang Herna di https://www.facebook.com/hermawanindomix. Jalur yang lain yang saya tahu adalah via CDbaby.com. boleh juga dicoba.
[/box_light] Apakah Anda memilih ikut iTunes atau tidak, semuanya terserah Anda ! Cek semua info yang ada dan pastikan Anda mengerti dengan baik bagaimana sistemnya bekerja lalu putuskan !

Bagi yang punya info lain tentang cara masuk iTunes, silakan berbagi di bagian komentar di bawah ini….

Semoga bermanfaat !

Catatan : Artikel ini BUKAN dibuat berdasarkan pesanan untuk mempromosikan jasa tertentu ! Artikel ini hanya ingin menjawab pertanyaan banyak musisi Indonesia yang sampai ke saya tentang bagaimana cara berjualan di iTunes !




#ArtSonicaMeme, Kumpulan Meme Musik & Audio Lucu
Bagaimana Menghitung Harga Jual Jasa Musik mu ke Klien ?

71 comments on “Ini Dia Cara Lagumu Masuk iTunes, Joox, Spotify

  1. saya sudah buat beberapa lagu, dan video klip sederhana, bisa liat di youtube TONKY 12# , TONKY 14# , TONKY 17 # dstnya… saya juga punya stock lagu…. bisa hub. 085643196766. tolong om, bantu promo dan jualkan om . FB. saya TOTOK S TONKY

  2. berminat dengan ciptaan lagu-lagu saya;
    1.resah
    2.gadis bali
    3.teman
    4.damailah negeriku
    5.kembali pulang
    dan masih banyak lagi.
    hub; tlpn.087877885696
    pin.7d9e1829
    thankz

    1. Ini pertanyaan semua orang dan tidak ada satu jawaban simple. Beberapa cara yg bisa dicoba (masih banyak lagi cara lain) :
      – Upload di youtube dan promosikan terus menerus (semakin banyak view & like, semakin dilirik media massa tapi hati2 kalo spam malah gak ada yg mau nonton)
      – Kirim ke radio-radio
      – Kirim ke label rekaman (kemungkinan sangat kecil diterima karena ada jutaan lagu sedangkan label sedikit)
      – Perform lagumu dan raih fans sebanyak mungkin (semakin banyak fans, semakin dilirik media massa)
      – Berdoa 😀
      Oh ya, ada baiknya sebelumnya mendaftarkan lagunya ke Dirjen HAKI.

  3. Hy,apakah layan promosi tersebut dapat mencakup band band indie seperti metal?
    Sejujurnya kami sebagai musisi underground sangat sulit untuk memperkenalkan atau mempromosikan album album kami tidak seperti band eropa luar negeri yang sangat mudah untuk mempromosikan album album mereka

    1. Harusnya sih lintas genre. Tapi bisa coba dicek dulu dgn kontak masing2 yg disebut diatas.
      Disini hanya menyampaikan info saja, bukan yg melaksanakan fungsi di atas.
      Btw TuneCore.com karena situs internasional, harusnya sih bisa semua genre musik.

      Bisa juga cari tahu band Eropa itu pakai jasa apa utk promosi.

      Mudah2an di masa datang saya bisa buatkan artikel caranya yg lebih detil.

      Good luck yaaaa !

  4. Saya punya punya lagu anak Indonesia sudah jadi, legkp musik dan vokal. sy ingin menjualnya secara lebih luas jangkauannya, melalui iTunes dll. Krn sy yakin lagunya ckp potensial. Untuk itu langkah pertama saya adl mengunggah di youtube sbg promosi. Benarkah itu Mas Agus ? Sebelumnya sy sampaikan terima kasih.

    1. Halo Saiful, yang ditanyakan itu sangat luas yaitu menyangkut marketing dalam jaman digital, jadi saran saya belum tentu paling baik, silakan cari tahu lagi dari sumber lainnya.

      iTunes tentu menjadi platform yg universal / dapat di akses lintas negara, hanya tantangannya, bagaimana lagu kita bisa menjual, apalagi saya tebak, lagunya menggunakan Bahasa Indonesia ya…

      Menggugah di youtube dalam format full juga ada plus minusnya…plus nya, kita bisa tau seberapa potensial lagu kita (tentunya kita sbg pengarang lagu merasa lagu kita bagus, tetapi ini mesti dibuktikan dgn pendapat orang lain, salah satunya dgn like di youtube).
      Minusnya, kalau di upload full song, berarti orang dengan mudah akan bisa mendownload lagunya, tanpa perlu membeli 😉

      Silakan dipikirkan dan sambil cari info lain, spt yg saya bilang, saya bukan pakar digital marketing 😀

  5. oh, ya. Sbg contoh lagu sy yg sdh di you tube dengan (key word): Pesantrenku Keren oleh altof Lumajang. Yg sy tanyakan di atas utk 4 lagu sy yg lain bertema umum/ bukan pesantren yg msh secret.

  6. Saya punya banyak lagu POP masa kini yang pastinya beda sama lagu pop indo biasanya, BBM saja 7FCD3010

  7. Kalo lagu kita menggunakan bahasa Indonesia. Perlukah mempromosikan ke luar negeri? Dan bagaimana pengalaman org-orang yg menjual karya mereka yg berbahasa Indonesia ke luar negeri? Atau lebih baik fokus promosi ke dalam negeri saja? Mksh

    1. Hi Fani Boy,
      Kalau menggunakan bahasa Indonesia memang lebih sedikit kemungkinan di dengar orang sedunia. Rata-rata jarang ada yg berhasil menjual keluar negeri kecuali ke negara yang berbahasa serumpun seperti Malaysia dan Singapore.
      Kalau mau jualan keluar, ya mau gak mau mesti pakai bahasa Inggris. Udah berbahasa Inggris pun juga bukan jaminan hahahaha
      Saran saya bikin dua versi bahasa saja, jadi mau di lempar kemanapun tetap bisa 😀
      Soal hasil, Yang Di Atas yang menentukan (sori jawaban basi)…sbg contoh Noah rilis lagu berbahasa Inggris, menurut kamu gimana hasilnya ?

  8. Dear Mas Agus Hardiman,

    Saya pengen kerjasama sama Mas Agus nih, langsung aja link soundcloud saya.
    lagunya Inggris semua, yang pasti sih kita butuh recording pro.
    nanti masalah share dapat dibicarakan lebih lanjut 🙂
    berikut link soundclod saya : https://soundcloud.com/user-183571622

    Nama Band : The Orde
    Contact : 08990623262

  9. Dear Mas Agus,

    maaf mau tanya,
    1. klo kita mau menjual lagu/hak cipta. apa perlu daftar dlu ke dirjen Haki ?
    takutnya nanti ada kecurangan/claim dari pihak2 yg tidak bertanggung jawab.
    2. klo udah terdaftar di Haki, ketika lagunya udah saya jual ke orang lain, bagaimana status lagu tersebut yang terdaftar di Haki atas nama saya.
    3. untuk daftar ke Dirjen haki apakah harus di Kantor Haki Jakarta atau bisa di Kanwil Kemenhunkam ?
    4. apa tanda/bukti bahwa hak cipta kita sudah terdaftar di haki.

    Maaf pertanyaannya klo kebanyakan hehe.
    Makasih sebelumnya.

    1. 1) Sebenarnya menurut hukum Hak Cipta, begitu suatu lagu di ciptakan, pada detik itu, Hak Cipta ada secara hukum. Hanya masalahnya, kalau nanti ada yg mengklaim, akan susah bertarung tanpa bukti otentik. Nah bukti otentik itu adalah dengan daftar ke Dirjen HAKI.
      2) Ya dijualnya apakah di alihkan juga hak cipta nya ? Kalau iya, tentu saja harus mengurus perpindahan Hak Cipta ke pembeli tsb (biasanya gak usah di suruh, si pembeli pasti akan minta di transfer kepemilikannya koq hahaha)
      3) Setahu saya harus download formulir via online di web Dirjen HAKI (http://www.dgip.go.id/) dulu trus di isi lalu dibawa ke kantor HAKI Jakarta. Kalau ditanya apa bisa di Kanwil, saya kurang tahu, coba gunakan kontak yg ada di web atau email utk ditanyakan
      4) Tentu saja ada surat hak cipta yg dikeluarkan Dirjen HAKI

    1. Banyak koq lagu instrumen di jual di iTunes. Tapi tantangannya bukan itu, karena gak peduli lagu pakai vokal atau instrumen saja, PRnya adalah apakah memang lagu kita banyak yg suka sampai akhirnya ada yg beli.

      Apapun itu, tetap SemangArt Sonica ! 😀

  10. Hallo mas Agus hardiman aku Mau nanya NIH akusudah upload lagu lewat tunecore udah bayar via PayPal kira2 waktu nunggu YG di tentuin berapa Hari untuk konfirm Dari tunecore soalnya udah seminggu Masih belum muncul di digital store nya

    1. Mengacu pada link ini : https://support.tunecore.com/hc/en-us/articles/115006685548-How-long-does-it-take-for-my-music-to-go-live-in-the-stores- maka butuh waktu kira-kira 3 minggu utk muncul di toko-toko online (walaupun hanya butuh sehari utk TuneCore approve lagumu).

      Ditunggu aja (atau sekarang udah muncul?)

      Kalaupun setelah 3 minggu belum muncul, sebagai klien yg sudah membayar, berhak menanyakan via email support mereka. Jadi kalau belu, email mereka aja supaya jelas.

      Demikian, semoga membantu.

  11. Halo mas agus, aku mau tanya untuk distribusi musik ke joox lewat mana ya? Aku cek ke tunecore.com, netrilis.com atau distrokid.com tidak ada yang support.

    Ini aku produksi musik EDM, mas agus mau dengerin dulu gak kira2 enaknya pangsanya kemana (itunes, spotify atau joox)? mengingat itu yang populer di sini ya? Kalau bersedia aku kirimkan via email, siapa tau mas Agus ada masukan.

    Terimakasih Banyak

    1. Barusan coba googling dan nemu ini yg “ngakunya” bisa distribusi ke Joox : http://www.solutiononeholding.com/en/mobileMarketing.jsp

      Cuma ya belum pernah coba dulu.

      Utk lagumu, ya biasanya kan gak spesifik ke satu provider saja, langsung ke semua saja utk membuka kesempatan lagumu di dengar banyk orang. Dulu murid yg bikin EDM pernah distribusi via BeatPort, udah dicoba ?

      Btw, sori banget, karena kesibukan saya, gak memungkinkan utk dengerin personal karyamu (dan orang-orang), harap maklum.

  12. Kelebihan/kenggulan dan kekurangan dari Distrokid dan tunecore apa om?

    Pasti setiap agregator musik mempunyai kekurangan dan kelebihannya.

    Oya kalau album didaftarkan ke itunes. Biasanya list lagu dari album tersebut masuk pageone google kan kalau pakai keyword band yang udah masuk itunes? Soalnya sering menjumpai hal tersebut hehe.

  13. Hallo mas Agus.. Sy mau numpang nanya ni.. Sy kan sudah pake tunecore 3blanan ini pas blan ini kenapa ya setiap mau akses log ini member selalu failed disitu tulisannya gak ada permission buat akses log ini apa tunecore ada masalah di indonesia? Sy juga jadi bingung krena sudah 3blan sy pake tiba” gini hub help solution juga blom ada respon.. Mohon panduannya mas

    1. Saya juga sama seperti dirimu yaitu bukan orang Tunecore jadi gak bisa bantu banyak.

      Yang biasanya dilakukan, mau website apapun, begitu ada masalah, langsung cari email kontak mereka atau ada juga form contact website tsb…jadi silakan dicari dan tulis permasalahannya ke mereka.

      Semoga sukses ya..

  14. Thanks kak Agus Hardiman!

    Saya seringkali terbantu dengan tips – tips yang diberikan kak Agus
    Dari awal saya ingin tahu soal daw dan ingin membuat setup sederhana untuk home production hingga saat ini.

    Thankss a lott
    Semua tulisan dan videonya bermanfaat banget, at least buat orang seperti saya yang tertarik tapi tidak mempunyai saluran untuk mencoba dan tidak mengerti caranya

    Keep up the good work!

    1. Makasih utk kata-katanya…bikin saya semangat !

      Tetap berkarya dan jangan lupa subscribe youtube ArtSonica karena disana lebih sering update daripada di blog ini…sukses Cevin Austion !

  15. xo menurut saya si musisi harus bikin lagu yg berbahasa inggris dan incar pasar luar negeri, xo pasaran konsumen diindonesia saya rasa agak susah ngejualnya karena hanya sedikit yg mengerti cara menukmati musik dengan itunes hehe

    1. Ya apapun harus dicoba termasuk berlaga di pasar internasional…tentunya dengan mengingat bahwa di pasar internasional, kompetitor kita juga jadi berpuluh-puluh kali lebih ganas daripada pasar Indonesia (contoh ngasal, di Indonesia kita bersaing dgn anggap aja 10,000 musisi, begitu kita berlaga di internasional, saingan kita musisi sedunia, anggap aja 10,000,000 orang alias tantangannya 1,000 (seribu) kali lebih berat) !
      Tentunya dengan saingan yg 1000x lebih berat tsb bukan berarti kita gak mungkin menang, bisa saja koq.

      Saya punya beberapa teman yang jadi aggregator / publisher musik dan mereka cerita bahwa tanpa disangka-sangka orang Indonesia yang beli musik ternyata gak bisa dianggap kecil juga.

      Kembali lagi, semuanya balik ke pribadi kita, berlaga di dalam negeri atau di luar negeri, masing-masing ada tantangannya, silakan dipilih medan perangnya dan selamat berjuang !

  16. mas mau tanya, apa ada label atau sebagainya yang mau mempromosikan lagu tanpa biaya, atau promosi pertama tanpa biaya? soalnya saya belum punya dana untuk bayar promosi

      1. Sudah selesai om dan sudah rilis di platform digital .. terimakasih om, semoga ilmu yg om bagikan menjadi ladang amal om agus .. jujur saya bisa mixing mastering selain karena jam terbang untuk teknis nya saya belajar dari chanel om agus .. terimakasih banyak om sampe saya bisa produksi musik sendiri ..

  17. Mas agus,, saya pingin cari orang/tim medsos yang membantu mempromosikan lagu saya dari a sampai z lewat youtube instagram plat form seperti itunes ,mendaftarkan ke haki dlsb,lewat jalur indie, gimana caranya ya mas agus karena saya tinggal dimedan, ada ga dimedan orang yang mengerti cara mempublikasin lewat jalur indie

  18. Berminat dngn lagu saya
    1.pengembara cinta
    2.jangan pernah ada benci
    3.melayang
    4.sendiri lagi
    5.mengggapai mimpi
    6.selamat tinggal
    hub no tlpn/WA.087885593388 dion jampang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.