Steinberg Cubase Pro 8 & Artist 8 Sudah Rilis !

Upgrade Pro Tools LE, Express, 9 atau 10 Anda ke Pro Tools 11 Hanya Rp2,49 Juta !
Menangkan Kesempatan Mixing dengan Grammy Award Winner !

Steinberg baru saja merilis Cubase versi terbaru. Mereka mengubah (lagi) penamaan softwarenya 😀 Kalau sebelumnya, nama tipe tertingginya adalah Cubase saja tanpa embel apa-apa, sekarang berubah jadi Cubase Pro 8. Mungkin tujuannya supaya pemula tahu ini DAW untuk profesional 😉

Sebelumnya, tipenya adalah Cubase Elements 7, Artist 7.5 & Cubase 7.5. Sekarang tipenya adalah Cubase Pro 8 dan Cubase Artist 8 dan belum / tidak ada Cubase Elements 8 😛 Kalau menurut Steinberg sih, penamaan ‘Pro’ (dari Pro-Volution) ini menandakan era baru DAW Cubase karena audio engine-nya dibuat ulang demi DAW yang lebih efisien !

Diluar masalah penamaan, berikut ini beberapa fitur terbarunya (nantinya akan saya bahas lebih detil pada artikel lain) :

  • ASIO Guard 2 : Performa ASIO yang lebih efisien sehingga dengan spesifikasi komputer yang sama, Anda dapat meloading lebih banyak track dan plugin dengan tetap low latency ! Bagaimana prakteknya, nanti saya cek 😀
  • Wave Meter : Di atas mixer ada tampilan waveform yang bergerak vertikal sesuai posisi pada timeline / bar project Anda. Fitur ini awalnya ada di Nuendo 6 dan sekarang ada di Cubase. Saya ingat FL Studio 12 ada fitur ini juga, jadi saya gak pasti siapa yang duluan punya ide, Image Line atau Steinberg (tapi kayaknya sih ide Steinberg duluan) (koreksi dari @http404notfound, fitur seperti Wave Meter sudah ada dari FL Studio versi 9.5 pada tahun 2010). Dengan fitur ini, pengguna Cubase dengan hanya 1 layar monitor dan senang menggunakan mixer tidak kerepotan untuk mati nyalakan tampilan mixer lagi karena tampilan waveform sudah ada di atas mixer 😀
    Wave Meter Cubase 8
  • VCA Faders : Volume fader yang biasanya digunakan pada virtual mixer Cubase sekarang ditambahkan VCA faders. Bedanya dengan fader biasa adalah VCA faders memungkinkan Anda menggabungkan beberapa volume fader walaupun fader tersebut merupakan bagian dari Bus atau Group Output yang berbeda. Juga automation pada fader channel individual tidak akan ‘perang’ dengan automation pada VCA faders ! Tentang ini akan saya bahas di artikel lain 😉
  • Channel Strip yang lebih informatif, selain ditampilkan spectrum meter (fitur yang sama seperti pada plugin Voxengo EQ-nya bawaan Cubase 7.5), ada juga info nadanya, bukan hanya frekwensi dalam Hz saja. Selain itu ada pengontrol phase yang bisa diatur bukan hanya 180° (tentang fitur ini mesti saya pastikan lagi) dan slope atau kecuraman Hi/Low-Pass Filter yang bisa hingga 48dB/octave !
    Channel Strip Cubase 8
  • Masih banyak lagi fitur lainnya seperti yang ada di http://www.steinberg.net/en/products/cubase/whats_new.html. Saya nanti akan membahas lebih detil, jadi stay tuned ya !

Pembeli Cubase v7 atau v7.5 yang mengaktifkan license-nya setelah tanggal 15 Oktober 2014, otomatis berhak mendapat UPGRADE GRATIS ke Cubase versi 8 !

Caranya, login ke akun e-licenser Anda dan lakukan maintenance task, nanti akan otomatis ditawarkan upgrade gratis ! Btw, ukuran installernya sekitar 9GB. Silakan kontak saya kalau ada yang butuh installernya (tentunya berlaku untuk yang sudah beli Cubase 7.5 original dan aktivasi setelah tanggal 15 Oktober 2014) !

Sebagai penutup, saya sebagai Steinberg Certified Trainer merasa Cubase versi 8 ini adalah upgrade yang cukup layak untuk dipertimbangkan.

Jangan lupa nonton juga video Cubase Pro 9 ini :

Upgrade Pro Tools LE, Express, 9 atau 10 Anda ke Pro Tools 11 Hanya Rp2,49 Juta !
Menangkan Kesempatan Mixing dengan Grammy Award Winner !

8 comments on “Steinberg Cubase Pro 8 & Artist 8 Sudah Rilis !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.