Lagu ‘Balonku’, Contoh Jazz ReHarmonization atau Membuat Progresi Chord ala Jazz

Mengubah Not Angka Menjadi Not Balok dengan MuseScore (Freeware)
Rekaman Lagu Indonesiaku di Studio Musica Jakarta

Saat saya sedang menyiapkan peralatan untuk sekolah recording saya yang baru di ArtSonica cabang Tanjung Duren Jakarta Barat (Maret 2016), tiba-tiba terbersit ide untuk membuat video tentang teknik Jazz ReHarmonization alias membuat progresi akord (Chord) ala Jazz berdasarkan melodi tertentu 😀

Arti ReHarmonization hasil googling !
Arti ReHarmonization hasil googling !

Daripada menggunakan lagu jazz yang rumit, saya pikir akan lebih mudah untuk dicerna apabila menggunakan contoh lagu yang sederhana karena dengan begitu, tantangannya lebih besar sekaligus semakin fleksibel saya melakukan reharmonisasi. Untuk itu saya memilih lagu ‘Balonku’ ciptaan AT Mahmud !




Inti dari reharmonisasi adalah membuat nuansa atau suasana baru dari suatu melodi, hal yang sering dilakukan seorang arranger untuk memberi nafas baru terhadap suatu lagu. Contoh, ReHarmonisasi lagu Koes Plus oleh Erwin Gutawa sbb :

Atau reharmonisasi lagu daerah Sunda dengan brilian oleh Viky Sianipar sbb :

Terdengar beda nuansa kan ? Ini hanya dengan menggunakan chord yang berbeda dengan yang biasanya !




Nah kembali ke lagu ‘Balonku’, sebenarnya teknik reharmonisasi suatu lagu itu ada banyak cara, salah satu yang saya bahas disini adalah dengan menggunakan Lead Note atau ada yang menyebutnya sebagai Diatonic Approach ! FYI, ada banyak teknik reharmonisasi yang lainnya lho, tapi itu bahasan artikel lain (kalau sempat 😉 )

Maksudnya bagaimana ?

Sederhananya (karena saya gak mau jelasin detil tapi ribet bagi pemula)…kita menggunakan suatu nada tertentu dari melodi lagu untuk membuat suatu chord ! Semudah itu ? Iya, begitu saja 😀

Mari kita lihat notasi lagu ‘Balonku’ ini :

Notasi Balonku
(Sumber : http://www.notangka.us/2013/07/20-koleksi-not-angka-lagu-anak-anak.html)

Chord progression-nya sederhana bukan ? Hanya C, F & G alias lagu 3 jurus, semua orang dengan mudah memainkannya 😀

Nah dengarkan hasil reharmonisasi dari saya untuk sebagian lagu ‘Balonku’ tsb ini :

Koq bisa jadi begitu ? Kayaknya ribet 🙁 Sebenarnya gak susah-susah amat koq 😀

Mari kita bahas !

Melodi lagu awal adalah ‘balonku ada lima’ atau notasinya ‘mi fa sol…do sol..mi sol’ (lihat notasi di atas).

Nah, saya memilih satu nada yaitu ‘sol’ pertama (lirik ‘ku’ dari ‘balonku’) untuk membangun chord. Untuk mudah saya berasumsi, melodi dimainkan pada tangga nada C Mayor. Ini berarti ‘sol’-nya adalah not ‘G’ ! Untuk chord pertama, sekaligus sebagai root note / chord, pilihan paling tepat tentunya…..coba tebak apa ? Iya, chord C Mayor dong hahahaha :

Chord C Mayor Triad
Chord C Mayor Triad

Tapi tunggu…karena ini bahas Jazz ReHarmonization, masa chordnya sederhana gitu ? Ya udah saya ubah jadi CM7 9 ! Waduh makanan apa pula ini ? 😀 Ini adalah chord C Mayor 7 dan 9 dimana 7-nya adalah ‘si’ atau not ‘B’ dan 9-nya adalah ‘re’ atau not ‘D’ seperti ini :

Chord C Mayor 7 9
Chord C Mayor 7 9

Berikutnya, saya memilih not ‘sol’ yang kedua atau jatuh pada lirik ‘da’ pada kata ‘ada’ untuk membuat chord yang kedua. Saya menggunakan chord D11 dimana nada ‘sol’ merupakan nada ke-11 dari chord ini 😀 Ribet ? Mudah koq, lihat aja bentuk chord D11 ini…tuh kan ada nada ‘sol’ alias nada ‘G’ :

Chord D11
Chord D11

Selanjutnya, saya memilih not ‘sol’ berikutnya yaitu lirik ‘ma‘ pada kata ‘lima’ untuk membentuk chord Em7 alias E minor 7 (chord yang pemula pun tahu 😀 ) :

Chord Em7
Chord Em7

Nah sudah beres harmoni untuk kalimat pertama dari lagu. Sebelum masuk kalimat kedua yaitu ‘Rupa-rupa warnanya’, saya menambahkan satu chord baru yaitu chord Bb9, +11, 13 ! Waduh apa pula ini ? Kayak gini chordnya :

Chord Bb9, +11, 13
Chord Bb9, +11, 13

Catatan : Tanda ‘b’ setelah nada itu berarti ‘mol’ atau ‘flat’ ! Contoh : Bb = ‘Bes’ atau ‘B mol’ atau ‘B flat’.




Kenapa saya masukan chord ini padahal tidak ada melodinya ? Ini karena 3 chord sebelumnya saya menggunakan ritmis 2/4 atau chord berbunyi setiap 2 ketuk. Jadi ini chord ‘isian’. Dan kalau dilihat, ada ‘lead note’ nada ‘G’, sama seperti nada terakhir dari melodi 😀



Lanjut ke kalimat ‘Rupa-rupa warnanya’, saya menambahkan chord C11 pada lirik ‘ru’ pada kata ‘rupa’ karena notasinya adalah ‘fa’ atau nada F sbb :

Chord C11
Chord C11

Berikutnya, saya menambahkan chord E7,+5,+9 pada lirik ‘war’ pada kata ‘warnanya’ karena notasinya adalah ‘sol’ atau nada G sbb :

Chord E7,+5,+9
Chord E7,+5,+9

Pada lirik ‘nya’ pada kata ‘warnanya’, karena notnya adalah not E, saya menambahkan chord Am7,9 sbb :

Chord Am7,9
Chord Am7,9

Setelah chord ini, sebenarnya masih ada beberapa chord lainnya yang saya gunakan.
Kalau Anda penasaran apa saja chord yang saya gunakan, silakan baca music sheet ini :

Lagu Balonku, chord by Agus Hardiman
Lagu Balonku, chord by Agus Hardiman

Intinya, coba perluas wawasanmu akan chord yang ada. Jangan cuma puas dengan bisa memainkan chord 7 saja, eksplorasi chord 9, 11 bahkan 13 beserta variannya. Semakin luas wawasan Anda, semakin fleksibel saat Anda melakukan reharmonisasi !

Oh ya, thanks Ryan Stephanus untuk bantuannya men-shoot video ini !

Semoga bermanfaat !

UPDATE :

Berikut ini reharmonization Balonku Ada 5 ala Job Rusli, musisi dan pianis klasik + modern dengan channel youtube barunya yang berisi cover lagu dan ilmu komposisi :

Dan yang ini sheet music dari Sonny J Wong, jazz reharmonization lagu Balonku :

Balonku versi Sonny J Wong
Balonku versi Sonny J Wong (Sumber : http://www.bengkelmusik.com/showthread.php?1785-nozzedan-Free-Sheet-Music-!!!&p=22762#post22762)

Berikut ini musik dari Ilham Adr, bossanova reharmonization lagu Balonku :

Juga dari Stephen Mapaliey melalui instagramnya :

Ada lagi yang sudah bikin reharmonisasi dari lagu Balonku ? Silakan reply di bawah ini…akan saya masukkan ke artikel ini !

Mengubah Not Angka Menjadi Not Balok dengan MuseScore (Freeware)
Rekaman Lagu Indonesiaku di Studio Musica Jakarta

8 comments on “Lagu ‘Balonku’, Contoh Jazz ReHarmonization atau Membuat Progresi Chord ala Jazz

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.