Cara Mudah Membuat Minus One & Mengambil Vokal dari Lagu

By on April 17, 2017

Membuat Minus One ? Ini dia cara mudahnya !

Butuh membuat minus one dari lagu MP3 ?




Atau mengambil vokal dari lagu yang sudah ada untuk bikin remix ?

Cobain cara yang dibahas pada video ini :

Berikut ini link download 2 software yang dibahas pada video diatas :

Link Download Audacity (GRATIS) :
http://www.audacityteam.org/download/




Link Download 2S Vocal Remover (Berbayar) :
https://2ndsenseaudio.com/plugins/

Catatan : Walau plugin 2S Vocal Remover bukan software gratis, Anda dapat mendownload versi trial untuk mencoba sesuai dengan tutorial yang di video di atas !

Hasil dari software ini tidak maksimal, tidak mungkin bersih 100%, kenapa ?

Karena komputer tidak seperti manusia yang bisa dengan mudah mengenali bunyi. Bagi komputer, suara adalah rangkaian frekwensi yang konteksnya abstrak. bisa terjadi ada lebih dari satu instrumen misalnya vokal dengan gitar yang pas tumpang tindah dalam satu frekwensi yang sama (baik frekwensi fundamental atau frekwensi harmonic). Manusia dengan mudah membedakan dua bunyi tsb tapi tetapi komputer / software sangat sulit membedakan itu.

Berikut ada komen menarik dari salah satu penonton video saya di youtube :

Jawabannya ada beberapa cara tetapi tidak menggunakan software yaitu :

  1. Vokal tsb adalah official dari artisnya. Sebagai contoh, Jenifer Lopez mau rilis single. Nah labelnya share dengan perjanjian tertutup dengan DJ DJ yg terkenal utk di bikin remix. Saat launching single, selain versi aslinya, ada versi remix DJ yang official. Label dapat tambahan pemasukan juga karena berbagi royalti 😀
    Atau bisa juga, si artis/label memberikan vokalnya untuk di download bebas sebagai bagian dari kompetisi remix seperti di situs https://www.mixinghub.com/all-open-contests/ dan banyak lagi lainnya 😉
    Atau artis/label tsb menjual vokal tsb untuk dipakai sebagai jualan pihak ketiga (atau bisa juga pihak ketiga ini memberikan gratis) dan si artis/label mendapat bagian royalti atau dibayar untuk vokalnya saja 😀
  2. Vokal tsb dinyanyikan oleh vokalis cover atau istilahnya ‘Sound A-Like‘ dan dipilih vokalis yang suaranya bisa sangat mirip dengan vokalis aslinya. Bahkan di youtube sangat banyak youtubers yang isi channelnya seperti ini, contohnya Rommie ini :

Saat ini hasil hanya dengan software memang belum sempurna. Di masa datang, SAYA SANGAT PERCAYA ada kemungkinan hanya dengan software pun bisa didapat hasil yang bersih !

Ini sudah dimulai oleh Peter Neubäcker, penemu software Melodyne dengan fitur DNA alias Direct Note Access yang bisa mengedit / mengambil bunyi satu instrumen/vokal dari lagu yang sudah di mix (walaupun hasilnya masih belum maksimal dan dikerjakannya masih manual dan dalam waktu yang lama).

Cek video ini (sepertinya disengaja dipilih lagu Adele yang secara teori lebih mudah untuk di ambil vokalnya. Lagu lain yang kompleks akan lebih susah editingnya) :

Semoga bermanfaat !


Belajar Mengedit Vokal dan Instrumen Musik dengan Melodyne
Tips Mixing : Menambah Low dengan plugin FREE bx_subfilter

About Agus Hardiman

I'm a music producer, book author, audio lecturer & music technology story teller ! Check my portofolio at http://www.AgusHardiman.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *