Blend.io, Situs Kolaborasi Musisi Berbasis DAW

By on January 3, 2015

Berkolaborasi saat membuat musik adalah salah satu kebutuhan penting seorang musisi. Sampai saat ini, kolaborasi antar musisi dalam suatu project dilakukan secara manual yaitu dengan meng-upload data lagu via website seperti Dropbox atau Box.net atau WeTransfer.com atau mengirim data dalam flashdisk via kurir. Hal ini biasanya sangat merepotkan karena tidak adanya satu tempat yang terpusat untuk berkolaborasi 🙁

Alex Kolundzija sebagai musisi (juga mantan kayawan Google), merasakan keterbatasan ini sehingga beliau membuat situs blend.io dengan slogan ‘Make Music Together’ dimana musisi dari segala penjuru dunia bisa berkolaborasi mengerjakan suatu proyek musik !

Blend.io Pro tools Session

Dengan tampilan waveform ala Soundcloudblend.io sebenarnya bukan tiruan Soundcloud semata, Blend.io mempunyai fitur unik yaitu selain kolaborasi antar musisi, data multitrack bisa di ‘pull’ (istilah blend.io untuk download) dalam bentuk file project DAW atau file stems (wav). Ya, ini uniknya blend.io yaitu kita bisa mendownload file project berbagai DAW. Selain itu tersedia ‘market’ untuk berjualan karya Anda.

Blend.io Song Info

Beberapa DAW yang didukung saat artikel ini ditulis adalah Ableton Live, Maschine & Maschine 2 (ini dianggap DAW juga 😉 ), Pro Tools, Logic, GarageBand, FL Studio, Reason dan file ‘Stems’ yaitu data wav multitrack.

Anda bahkan dapat meng-upload file project DAW Anda yang produksi musiknya belum selesai dan meminta bantuan musisi lain untuk membantu.

Sebagai contoh, Anda dapat mendownload file session Pro Tools dan Ableton Live (dan tentunya berkolaborasi) dengan DJ Moby :

Blend.io DJ Moby

Walau mayoritas lagu yang tersedia di situs ini ber-genre Electronic Music, tidak menutup kemungkinan untuk genre musik lain juga bisa ikutan kolaborasi.

Anda bahkan dapat meng-upload file project DAW Anda yang produksi musiknya belum selesai dan meminta bantuan musisi lain untuk membantu. Blend.io menggunakan ‘cloud storage’ Dropbox untuk menyimpan file project DAW Anda. Tentu saja ukuran file bisa menjadi besar karena berupa project DAW !

Pada bagian ‘Market’, Anda juga dapat menjual karya Anda berupa project DAW, file MIDI, Sample Packs dsb. Setiap penjualan di Market akan dikenakan biaya 30% dari harga jual seperti berikut :

Blend.io Market

Satu hal yang harus diperhatikan, semua karyamu apabila di upload ke situs ini (kecuali yang dijual di Market) akan menjadi karya yang termasuk lisensi Creative Commons (Baca di sini ttg CC) yaitu umumnya berupa lisensi CC BY-SA. Lisensi CC BY-SA ini berarti karya Anda bisa di ubah musisi lain untuk kepentingan komersial walau tetap musisi tersebut harus menyebutkan sumber aslinya yaitu karya Anda.

CC BY-SA

Juga tidak seperti Soundcloud atau BandCamp, situs ini terasa kurang cocok untuk jadi tempat showcase karya Anda bagi calon klien Anda 🙁

Nah walaupun begitu, dengan semua fitur di atas, uniknya situs ini tidak memungut biaya apapun (kecuali Anda menggunakan Market dimana ada potongan utk karya yang terjual). Anda bebas menjadi member dan mengupload karya dan berkolaborasi dengan musisi lain !

Semoga bermanfaat !

Dapatkan GRATIS Preamp Chandler Limited REDD.47 Seharga Rp29Juta !
Workshop 'Power Charge Your Band' untuk Musisi

About admin

Coming from a galaxy far far away, I love to be in this planet earth to serve you all audio guys at ArtSonica !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *